Tuesday, December 27, 2011

The 2011 Recap: People


Hi, folks!

So glad i still have a time to write a blog post today so i could continue the recap :)

Okay, hari ini temanya agak... ya gitu deh~ *gatau mau bilang apa*

Agak... berbeda dari yang sebelumnya.

Mungkin lebih... emosional. *uhuk-uhuk*

Okay, here we goes.

Banyak orang-orang hebat yang gw temui sepanjang tahun 2011. Banyak banget malah. Tapi jelas gw ga bisa tulis semua disini karena kebanyakan gw udah lupa~


Perucha Hutagaol a.k.a Trinity Traveler

Gw cuma ketemu Mbak Trinity sekali tahun ini. Gw inget banget, tanggal 4 Januari 2011, gw ditemani Iif, dateng ke kantor Majalah Venture di Intiland Tower, Thamrin, buat wawancara beliau untuk referensi TKA gw. TKA gw itu pretty much ter-influence dari blognya dia sih, blog traveling. Jadi gw merasa dia orang yang tepat banget buat gw jadiin narasumber. Dan memang pilihan gw tidak salah. Gw dapet banyak banget masukan dari Mbak Trinity tentang gimana2nya traveling journalism itu.

Sebenernya gw punya hutang sama Mbak Trinity. Sebelum gw berpamitan untuk pulang setelah wawancara dia, dia meminta gw untuk mengirimkan hasil TKA gw ke dia kalo udah jadi. Tapi sampe sekarang belom juga gw kirim. Well, awalnya sih, jujur gw lupa akan permintaan dia itu. TKA itu sungguh bikin hectic dan setelah selesai bawaannya pengen langsung lupain. Wajarlah kalo gw lupa~ *pembelaan diri*

Tapi gw ga bisa menyangkal kalo gw juga sempat berpikir “Ah ngapain dikirimin, paling dia juga udah lupa sama gw. Email gw paling dianggap spam~” Apalagi Mbak Trinity ini paling ga suka nerima email yang ga jelas maksudnya apa (konon sering disangka travel agent lewat email dan ditanyain pertanyaan2 ga penting). Gw merasa, apalah artinya TKA gw dibanding email2nya Mbak Trinity yang lain. Jadinya ga gw kirim deh.

Belakangan gw menyesal ga ngirim itu TKA. Jelas2 dibalik maksud Mbak Trinity untuk sekedar melihat hasil TKA gw, ada kesempatan untuk menjaga tali silahturahmi dan networking lebih besar dengan beliau. Kenapa pikiran gw sempit banget waktu itu? Kenapa gw sombong sekaligus merasa rendah diri banget? Kenapa gw baru nyadar sekarang kalo dibalik simple act seperti ini ada makna besar yang bisa gw simpan untuk cadangan knowledge gw di masa depan?

Gw masih benci keputusan gw kala itu. Sampai sekarang.


Wicaksono a.k.a Ndorokakung

Okay you can laugh out loud at me, but i’m a huge fan of this man! Makanya gw bahagia dan bangga banget ketika beliau bersedia jadi pembicara di Yournalism Pekom 2011. Kenapa gw ngefans sama dia? Hmmm.. You see, gw udah ngefans sama beliau sejak gw belom tau beliau wujudnya kayak apa. Haha~ So i read his blog, i follow his Twitter, and many other fan activities on cyber world. Gw kagum dengan tulisannya, gw banyak setuju dengan pendapat2nya, gw banyak tertawa mendengar banyolannya, dll.. Intinya, gw tau pria ini pintar, bahkan sangat pintar dan gw bisa belajar banyak dari dia, tanpa harus tau siapa sebenernya dia ini.

Tapi kemudian Twitter jadi superstar. Social media influence booming dimana-mana sehingga orang-orang yang eksis di dunia maya, khususnya social media, mendadak jadi selebritis, termasuk Ndorokakung. Terbongkarlah siapa dia sebenernya. Dia adalah wartawan senior Tempo dengan networking yang luar biasa. Banyak banget track record kewartawanannya yang membuat gw berdecak kagum dan berpikir: okay, ternyata gw ga ngefans sama orang yang salah. Hehehe

So yeah, i got a chance to meet him last March and yes, i was nervous, but all was well. Kedatangan Ndorokakung (dan Pandji Pragiwaksono) di Pekom 2011 berhasil menghimpun massa yang luar biasa dan gw amat berterimakasih karenanya. Terlebih beliau ga keberatan untuk tidak dibayar sepeser pun untuk cuap-cuap selama 2 jam.

Terima kasih, Mas Wicak. Teruslah menulis dan menginspirasi orang lain. You are national treasure. :)


Reda Gaudiamo

Bertemu dengan Mba Reda saat menemani Iif mewawancara beliau untuk TKA-nya. A very friendly woman. Melanglang buana di dunia media sejak lulus kuliah. Wanita dibalik majalah-majalah lifestyle franchise yang sukses di Indonesia. Juga seniman yang masih terus berkarya. Mbak, suatu saat saya ingin bisa seperti Mbak. :)



Teguh Poeradisastra

Pembimbing TKA paling baiiiiiiiiiiiikkkk di seluruh dunia. He’s the very best, i’m sooooo lucky to have him as my final project advisor. Mas Teguh nggak pernah marah, nggak pernah melancarkan kritik yang menjatuhkan, nggak pernah melanggar janji, nggak pernah... nyusahin~ Mas Teguh bisa membuat gw kembali optimis di saat gw udah pesimis. Mas Teguh bisa menyempurnakan isi proposal TKA gw dalam sekali kedip. 

But the coolest thing about Mas Teguh is his career. He has an awesome career indeed. Ga cuma kerja sebagai jurnalis, tapi juga PR dan tentunya dosen. Makanya bikin janji sama Mas Teguh untuk bimbingan itu susahnya minta ampun. Alhamdulillah sekali bimbingan bisa dapet insight yang luar biasa insightful. :D

Great man, Mas Teguh. Great man.

Ini ucapan terima kasih gw pada Mas Teguh di proposal TKA.

Terima kasih untuk pembimbing saya, Drs. Teguh Poeradisastra M.M. Terima kasih tak terhingga atas setiap saran dan masukan yang diberikan selama ini. Terima kasih untuk teori dan ilmu-ilmu Public Relation, yang sebelumnya tidak pernah saya pelajari, yang ternyata berperan penting dalam Jakarta in 5. Terima kasih untuk buku-buku yang direkomendasikan. Terima kasih untuk selalu membalas telepon, SMS, dan email saya. Terima kasih untuk selalu meluangkan waktu untuk saya dan teman-teman bimbingan di tengah kesibukan yang luar biasa. Juga maaf, jika dalam setiap pertemuan bimbingan hampir selalu saya kecewakan. Karena itu pula saya berterima kasih karena selalu bisa bersabar dalam membimbing saya. Terima kasih Mas Teguh, karena sudah berperan besar membuka dan memperluas wawasan saya.

Ah~ Sebanyak apapun gw berterima kasih kayaknya ga akan pernah cukup membalas kebaikan dan bimbingan Mas Teguh~ :')


Didin P. Ambardini

Pemimpin redaksi media tempat gw bekerja sekarang. Pertama kali ketemu Mbak Didin, gw kira beliau PR-nya perusahaan karena beliau cantiiiikkk banget. Pokoknya gw berasa kecil bangetlah kalo berdiri di samping beliau. :p

Mbak Didin baik hati mempercayakan gw untuk bergabung dalam tim redaktur feature di Indonesia Leading Teenage Magazine ini sejak 17 Oktober 2011. Hingga tulisan ini diturunkan (halah bahasanya~) gw sudah bekerja di kantor berlokasi di Kuningan itu selama kurang lebih 2 bulan dan sejauh ini gw baik-baik saja. Dalam artian, kerjaan ini tidak atau belum membuat gw kehilangan diri gw (amit-amit-jangan-sampe-deh) dan gw sangat berterimakasih untuk itu. :)

Oh ya, mumpung lagi bahas Mbak Didin, sekalian aja bahas orang2 di tempat kerja. Kepada kakak-kakak semuanya, terima kasih ya sudah menerima saya dengan tangan terbuka. Maaf kalo saya masih sering pake jeans ke kantor :p sesungguhnya saya belum punya dan belum sempat beli celana bahan. Huahahaha~

Terima kasih juga akan semua pengalaman, ilmu, kesempatan, nasehat, kritik, dan saran yang saya terima setiap hari. Semuanya baru. Semuanya butuh proses. Tapi semuanya menyenangkan. :)


Atiqah Ali

Dua minggu setelah gw bekerja di majalah tadi, gw bertemu dengan Mbak ini ketika meliput acara HBO di Gandaria City. Awalnya gw ga ngeh siapa dia sampai dia ngomong pake aksen... Singlish! Whoa~ gw langsung penasaran. Gw pun memberanikan diri ngajak ngomong dia, juga pake Singlish. Ternyata dia adalah PR-nya HBO Asia. Wow!
Langsunglah gw nanya banyak hal sama dia, tentang gimana kerja di HBO, gimana sistem pemrograman di HBO, dimana kantornya, gimana struktur di kantornya, gimana marketingnya, gimana cara mereka bersinergi dengan HBO Amerika, dan lain sebagainya.

Kalo gw jadi dia sih, diserbu pertanyaan yang sama sekali ga ada sangkut pautnya sama acara yang sedang berlangsung, mungkin gw akan berpikir “Apaan sih ni anak?! Mau tau aja~” Tapi Atiqah nggak, dia menjawab pertanyaan gw satu per satu dengan sabar. Malah ada beberapa yang sambil dia ilustrasikan dengan gambar biar lebih jelas. Gw sih menganggap ini kayak lagi kuliah Sistem Komunikasi Indonesia aja, yang ngebahas pay TV. Basically sama aja toh? Malah lebih lengkap dan detil, langsung dari orang yg terlibat langsung pula. 

Setelah denger ceritanya dia, gw bener2 pengen kerja di HBO Asia. Kantornya ternyata di daerah Bishan, which is gw pernah ke daerah sana waktu di Singapore karena deket banget sama rumahnya Bone yang dulu di Toa Payoh. Terus gw sempet kelepasan ngomong lagi, pake nanya “Does HBO have job vacancies?” HUAHAHAHAHAHAHA~

Eh siape eluuuuuu?????

Ngelamar di HBO dengan pengalaman kerja nol besar~

Situ kira sini JobStreet banyak lowongan~

Huahahahaahahahaha~

Tapi Atiqah dengan polite-nya bilang: “I think there’s no vacancies right now, but you can always try, Seeta.”

Hohoho~ Okay! Where should i send my CV to? :D

Tapi terus dia bilang (kira-kira) gini: Kalo lo emang bener2 berminat, nanti kalo ke Singapore lagi, kontak gw aja, nanti gw ajak lo tur keliling kantor. Jadi lo bisa liat langsung gimana kerjanya kita.

WAWAWAWAWAWAWAW!!!!!!! Gw langsung heboh! Langsung bikin reminder booking AirAsia buat taun depan~ *nggak deng, kapok budget airlines, cuy!*

Tapi terus sifat orang Indonesia gw keluar, ga percayaan sama orang lain, skeptis.

“I don’t know when i get a chance to visit Singapore again next year so I’m not sure you’ll remember me if i finally get there.”

Tapi dia menjawab:

“Ooh.. no worries-lah. How can i forget you, Seeta? That young enthusiast from XXXXX Magazine Indonesia! You will always welcome.”

Alright! Jadi kita pun bertukar email untuk saling menghubungi suatu saat nanti. Gw sudah belajar dari kesalahan dan gw bertekad ga boleh lupa menghubungi Atiqah kalo ke Singapore tahun depan.

Mudah2an pas gw kesana, HBO lagi buka lowongan buat (ehem) PR. Huehehehehe~ No offense, karena di HBO kan ga ada posisi jurnalis. Tapi posisi PR menghendaki kita untuk pinter menulis, jadi yaa.. why not? Kerjaannya Atiqah juga asyik banget keliatannya. Keluar negeri mulu. :p

Ah~ ingatkan gw buat bawa CV kalo ke Singapore! Hehehe~


Okay, that’s it. Tentu saja masih banyak lagi orang2 berjasa yang gw temui tahun ini. Setiap orang baru yang gw kenal pun punya jasa tersendiri buat gw: membuat gw berani membuka diri. Tapi tentu saja ga mungkin gw sebutin satu-satu.

And if any of you people i just knew happen to read this post, well thank you and nice to know you.

:)


PS: All photos were taken from Google and their Facebook. :)

2 comments:

  1. Gue jd kepikiran pengen bikin postingan ini juga, hehehe.
    Reda gaudiamo, mbak satu ini baiknya nggak ketululngan. Berkah banget ya bisa kenal doi. Wanna be like her too gue....

    ReplyDelete
  2. bikinlah~
    gw sih ini lg nge-recap aja, hahaha

    ReplyDelete