Sunday, November 8, 2020

Seeta’s New Normal Officially Begins

Yup, you read it!

My new normal is here!!!

Sooo happy!!! Also proud coz I’m ahead of everyone. Hohoho~ 

Jadi ceritanya QQ itu menyewa kantor di sebuah coworking space di kawasan SCBD. Sejak PSBB diangkat, kita selalu mutusin bareng2 whether harus ke kantor atau nggak, dan jawabannya hampir selalu nggak. Alasannya karena ada demolah, angka kasus positif masih terus naiklah, macetlah, dll.

Selama ini gw merasa jika tim bilang nggak, berarti mutlak ga boleh ke kantor. Pikir gw, oh berarti ini bayar sewanya based on attendance. Jadi wajar kalo ga boleh dateng, menghemat duit.

Kenyataannya tidak. Kita udah sewa for the next couple of months, jadi sebenarnya bisa dateng kapan aja. Catatannya adalah yang dateng ga boleh lebih dari 50% jumlah karyawan, which means kita harus shift-shift-an. 

Secara di tim cuma gw yang pro-WFO, tentu jadi tidak masalah kalo gw dateng setiap hari. Ga akan kena aturan 50% itu, lha wong gw sendiri~ hahaha

So yeah, mulai minggu ini gw ngantor. :”)

Hepi bener kak!!!

Kehidupan yang sudah hilang hampir 8 bulan akhirnya kembali. 

Bangun pagi—sekarang jadi susah banget saking badan udah terbiasanya bangun siang 8 bulan terakhir. 

Damn it~ Susah payah gw bangun kebiasaan bangun pagi yang sukses membentuk gw jadi morning person dari kecil (secara sekolah, kuliah, kerja jauh2 semua dari rumah, jadi udah terbiasa bangun pagi menerjang kejamnya lalu lintas), hilang begitu saja gegara pandemi~

Hari pertama ngantor, telat 2 jam bangunnya~ Alarm nyala berkali2 ga mempan~ Padahal gw light sleeper, denger suara dikit aja langsung kebangun~ 

Wth is wrong with me??!

Kemudian berangkat—versi new normal: naik gojek bawa helm sendiri. Helm yang sudah gw beli sejak berbulan2 yang lalu, sejak wacana new normal muncul pertama kali, akhirnya kepake juga.

Agak rempong sih, barang bawaan jadi banyak banget. On top of helm, bawa APD juga, si Gorman yang baru beli via jastip (kece lho!), terus bawa laptop juga, karena ga mungkin ditinggal di kantor sekarang. 

Untung udah sedia tas Kanken No. 2 Laptop 15” yang emang buat tugas berat. Walaupun rada pe-er juga bawanya, berat cuyyy~

Anyway, gw sudah mencoba kembali rutinitas lama: gojek dan busway. So far so good, naik gojek aman. Ga bikin sakit punggung or apa karena udah ga naik motor 8 bulan. Busway pun surprisingly pelayanannya baik. Social distancing diterapkan dengan tertib, bus ga ada yang bener2 full, dan cepet banget 1 menit sekali jalan. 

Sayangnya udah ga ada busway tol. Ngerti sih, mereka pasti mengurangi biaya operasional karena pemasukan juga berkurang. Jadi tetep harus bermacet ria di Cawang, Pancoran, dan Kuningan.

Lalu harus transit sekarang. :’)

Karena kantor di SCBD, gw harus transit di Gatsu Lipi untuk ambil bus ke arah Senayan/Blok M. Sebenernya kalo niat mah bisa jalan kaki dari Semanggi ke SCBD. Kemarin kan test drive busway aja, keknya ke depannya mah bakal jalan kaki. Minggu depan kita test walk deh. Kan target minimal 5000 langkah sehari. 

Anyway, so yeah gw transit, turun di GBK, kemudian jalan kaki dikit ke kantornya yang…… menyenangkan sekali!!!

Oh my… gini toh rasanya kerja di SCBD… trotoarnya cakep, pemandangan bagus, orang2nya tertib dan looks profesional… Mengingatkan gw akan Singapura. Rasanya persis kek business trip Dian, jalan kaki dari hotel ke kantor Dian Sg. Menyenangkan! Pantes si Iip betah berkantor di SCBD~

Kantor baru gw, saat ini masih nebeng di coworking space, karena kantor aslinya masih di renovasi (soon bakal di SCBD juga). Rasanya startup banget sih ngantor di coworking space~ haha!

Tempatnya keren~~ Kalo pake angka 8,5/10-lah gw kasih. Nggak yang high-level sophisticated design banget, tapi mayan pewe, fasilitas lengkap, toilet harummm, kopi tersedia, view dari room-nya QQ kece juga (kalo liat kiri ada Dian~ hahaha), daaan masih sepi~ hehe~ Gw literally sendirian menguasai lantai 23.

Secara lokasi lumayan strategis, deket ke mana aja. Makanan gampang dijangkau, begitu juga tempat2 lain yang happening di SCBD. 

Gw baru pertama kali mengeksplorasi SCBD secara menyeluruh, navigasi masih bapuk banget. Takut tersesat, terus ga tau ini dimana & tempat apa. Butuh exercise sih untuk mengenal SCBD lebih dalam. That’s why langsung establish sistem ke kantor 2x seminggu. 

Hal lain yang menyenangkan adalah walaupun ngantor gw tetep bisa menjalani rutinitas jalan sore. <3

Track-nya lebih bagus lagi, secara SCBD yaa.. pemandangannya juga lebih indah. Hari kedua masuk kantor, gw jajare (jalan-jalan sore) ke PP, buat belanja di Kemchick. Itu aja udah menyenangkan banget, padahal sendirian. Imagine kalo ada temennya, lebih menyenangkan lagi! Ga sabar nungguin Iip sama Rini masuk kantor, jadi bisa jajare bareng~ hohoho~

So yeah, it’s been fun.

Apakah gw lebih produktif dengan ke kantor? Secara kuantitas kerja mungkin tidak, atau iya? Gw belum terlalu memperhatikan, tapi yang pasti otak gw lebih jalan, inspirasi lebih banyak datang, dan ide-ide terus mengalir. So it’s more about quality.

Capek sih, apalagi bawa barang at least 5kg pulang pergi jalan kaki + naik kendaraan umum, pas pulang kantor naik busway berdiri macet2an, wah berasa otot gw bangkit dari kubur. Setelah nganggur berbulan2, langsung berasa tegang lagi. Pas udah pulang mandi aer anget kerasa banget otot2 itu langsung rileks. Gapapa, memang seharusnya begitu, otot itu ga boleh nganggur. 

Somehow gw juga merasa hidup gw balance lagi. Pas pulang matiin laptop, berasa kerjaan kelar dan gw deserve istirahat. Tidurpun lebih nyenyak.

Beda sama WFH, mau matiin laptop jam berapapun perasaan kerjaan belum kelar tuh muncul terus, alhasil, ga pernah tenang. Tidur ga bisa nyenyak, insomniapun menyerang.

Ada perasaan bersalah ketika lo di rumah terus, dengan segala waktu yang lo punya, tapi ga dipake buat kerja, padahal lo tau lo udah kerja mati2an hari ini, somewhat, kalo lo di rumah, it doesn’t matter, lo tetep harus kerja, lo tetep dihitung ga memberikan yang terbaik, karena lo udah di rumah, ga boleh ada excuse capek, mau me-time, and blablabla..

Do I make sense here?

So yeah, I’m so glad I have the privilege to do both, WFH dan WFO. Ga semua orang punya privilege ini. Anak2 Dian misalnya, harus menjalani 2 campaign terbesar dari rumah, kebayang betapa rempongnya koordinasinya, belum lagi mental health yang affected karena jiwa mereka dikurung berbulan2. Ada juga orang2 yang wajib WFO, dengan segala risikonya, termasuk terpapar virus sepanjang waktu. 

Gw merasa sangat beruntung punya pilihan WFH dan WFO. 

Mungkin ini bagian dari rencana besar the great G.O.D untuk gw. QQ memang bukan perusahaan yang sempurna. Masih bayi, sistemnya belum established, banyak fungsi yang belum ada, kerjaan jadi tumpuk menumpuk, kadang harus double or triple roles, dan harus mengorbankan kepentingan dan aset pribadi.

But yeah, at the same time, gw bersyukur karena gw at least terselamatkan dari stress berkepanjangan karena WFH. Gw pun bisa melakukan apa yang gw bener2 suka sekarang. :)

Cheers to the new normal! Semoga Tuhan beserta kita!

Happy weekend, y'all!


No comments:

Post a Comment