Saturday, January 30, 2021

My First Presscon!!!

Hi, guys! How y’all doin?

It’s a rather gloomy Saturday. Ujan dari pagi, ga ada matahari, udara dingin bikin mager~

Gw sendiri sedang dalam kondisi yang kurang baik, bukan sakit atau gimana, lebih karena frustasi. Semalem abis debat kusir sama bos gw—the sucks part of the job. Kerjaan gw sekarang menyenangkan overall. Gw berada di industri yang gw suka, mengerjakan apa yang gw suka, temen2 kantor baik yang lokal maupun internasional semuanya baik2, pinter2, dan keren2, company pun satu visi dan misi sama gw, company culture-nya gw sangat respect, dll. 

Yang challenging dari kerjaan gw sekarang adalah bos gw. Beliau bukan orang Indo, jadi secara culture udah beda banget sama kita2 karyawan Indo. Sebenernya beliau baik, hanya saja punya pola pikir yang berbeda sama orang2 kebanyakan—which is fine sebenernya kalo masih make sense. Sayangnya, ini ga make sense~ Hahaha~ Jadi struggle gw dan colleague2 gw kalo diskusi/debat sama dia adalah mengembalikannya ke jalan yang benar. 

Oh well, emang ga ada kerjaan yang 100% sempurna. I learn that the hard way.

Anyway let’s not talk about him any longer, yang gw mau bahas di sini adalah sebuah achievement! Woohoooo~~~

Ladies and gentlemen, I just had my first ever, my official debut, AS A PRESSCON SPEAKER BABY!!!!!!

LEVEL UP! LEVEL UP!

I mean, when it comes to presscon, I have come a long way. Diawali dengan diundang & dateng ke presscon sebagai jurnalis waktu kerja di XXXXX, kemudian involve di penyelenggaraan presscon ketika bekerja di Dian (seksi sibuk jadi EO), sekarang? Resmi jadi pembicara alias narasumber. :D

Guys… I made it~ :”)

Aaah gila banget kalo dipikir2. Gw baru 3 bulan di kantor baru ini, dan maybe gw bukan siapa2, tapi gw debut di media~ ><

Masih ga percaya sampai sekarang.. Padahal pressconnya udah 3 hari yang lalu.

Oke, jadi gimana ceritanya gw bisa sampai jadi pembicara presscon? Oke, gw ceritain dari awal.

Seharusnya itu yang jadi pembicara tentunya adalah bos gw. Namun karena beliau tidak bisa bahasa Indonesia, pun bahasa Inggris nggak lancar, jadi, after due consideration, gw sama colleague gw, si Mase, memutuskan untuk kita aja yang jadi pembicara, demi menyelamatkan image QQ di hadapan media. Wkwk~~

Gw nervous banget. Pertama karena udah lama ga presentasi. Presentasi terakhir waktu masih di Dian, dan berbahasa Inggris. Alhamdulillah presscon kemarin pake bahasa Indonesia sih, jadi lebih gampang pas nyiapin script, bahasanya lebih ngalir. 

Kedua karena tipe audiensnya baru banget: media. Gw udah biasa presentasi di depan bos, regional, temen kantor, partner, klien, vendor, agency, temen kuliah, dosen, dll. Tapi baru kali ini audiensnya media. Gw pernah ada di posisi mereka dan kadang2 media itu pertanyaannya susah dan menjebak--wajar, karena mereka mencari news value. Karena gw perwakilan brand dan company di sini, tentu ga bisa asal jawab. Untung ada PR agency yang bantuin sih. Jadi kita udah siapin pertanyaan untuk segala macem jawaban. 

Ketiga karena ini virtual, takut banyak kendala teknis. Ya laptop erorlah, internet matilah. Gw antisipasi dengan pergi ke kantor supaya at least internet stabil. 

Keempat karena… *sigh* gw grooming sendiri~ 

Dulu tuh zaman di Dian, kalo ada presscon, bos gw yang jadi pembicara persiapannya buset dah~ Ibarat mau nikah. Mandi kembang tujuh rupa~ Wkwk~

Tim PR-nya Dian bener2 ngegrooming beliau sedemikian rupa. Dikasih baju yang kece dan mewakili image perusahaan, hire makeup artist & hair stylist, disiapin makan yang enak2 buat menjaga mood, teks buat dibaca udah dikasih at least seminggu sebelumnya buat latihan, rehearsal minimal 3 kali mulai dari di kantor sampai on the spot, daftar do’s and don’ts seabrek, dll.

Ribet deh. Well, semua itu wajib dilakukan karena Dian banyak musuhnya. Jadi mesti hati2 banget, jangan sampai ada sedikitpun kesalahan. Seriously, salah ngomong dikit aja bisa jadi blunder~ Jadi ya gitu deh.

Gw kemaren? Yaolo seadanya banget. Baju sederhana, makeup sendiri, catok rambut sendiri, karena terlalu nervous jadi ga napsu makan, teks bikin sendiri, rehearsal h-1~ wkwkwkwk~~

Terus gimana pressconnya? 

Alhamdulillah lancar. Media yang dateng ga banyak sih, huhu~ Tapi ya secara umum acara lancarlah. Gw udah latihan untuk present part gw yang lumayan menyenangkan: konten. Memperkenalkan QQ punya konten apa aja, kenapa harus ditonton, ada siapa aja artisnya, dan trivia2 lain yang merupakan keahlian gw~ Hehehe~ It was fun!

Sesi tanya jawab ga banyak, gw cuma jawab 2 pertanyaan (salah satunya dari Nanien yang sumpah nahan ketawa banget jawabnya~ wkwk). Kebanyakan pertanyaan dijawab sama si Mase. Maacih Maseee!! Yudabest!

Anyway, ternyata gampang ya presscon. Wkwkwk~ Karena virtual kali ya? Mungkin tension-nya beda kalo offline. Well, suatu hari nanti mungkin kejadian kalo coronces udah gone. Mudah2an kala itu gw lebih siap dan punya PR agency yang lebih resourceful, jadi bisa bantuin grooming.

Becoz I would love to do it again! :D

Anyway, sedikit kenang-kenangan dari presscon kemarin. Muka gw tegang banget, maaf ya, newbie nih. :D

maaf ya mesti sensor sana sini

Special shoutout buat Nanien! Thank you udah jadi seksi dokumentasi dadakan~ HAHA~

Thank you udah dibikinin beritanya juga, menyebut namaku pula. :”)

Terharu beb, biasa nulis berita sama jadi seksi sibuk nyiapin presscon, sekarang jadi pembicara. :”)

Till the next presscon, bye! 

No comments:

Post a Comment