Sunday, August 29, 2021

Belanja di Aliexpress

 Whadduppp y’all!

How’s your weekend? Hope you're doing okay!

Hari ini mau membahas non-kerjaan, coz boy kalo diliat2 sebagian besar isi blog gw belakangan ini ngomongin kerjaan mulu~

Begitulah hidup saiia, cuma diisi kerja-kerja-kerja. Benar2 pengikut Jokowi sejati. Wkwk~

Today mau sharing pengalaman belanja di Aliexpress.

Kenapa gw belanja di Aliexpress padahal setelah resign dari Dian gw bersumpah ga mau lagi menyumbang GMV ke kantong Papajek dalam bentuk apapun? 

Well, sesimpel barang yang gw cari ga ada di ecommurz mana2 di Indo pun layanan cross-border mereka. Ada sih, tapi kurang meyakinkan, terus lebih mahal pula~ Like whyyy?? Howww??

Jadi gw terpaksa melebarkan sayap ke ecommurz internasional dan hasil pencarian google mengantarkan gw ke Aliexpress. Barangnya kualitas bagus, harganya masuk akal, ada new user discount pula. So why not?

Sebelum beli, riset dulu, bertanyalah gw ke si Apree yang emang sering belanja di Aliexpress. Konon Apree kalo beli casing iPhone di Aliexpress mulu, yang dia klaim lebih murah (USD 2-3) dan modelnya lucu2—to which I responded, “Errr… Pree, lo belom pernah cek Shopee Crossborder ya?”

Caranya gampang banget, buka app Shopee terus search barang yang dimau, misalnya “casing iPhone” terus filter pencariannya ke “Luar Negeri”.

Voila! 

Jutaan koleksi casing hape cantik2, lucu2, dan aneh2 from China in your finger tip! Harganya juga murce2, selama ini kalo gw beli range harganya 20k-30k, itu udah dapet yang (menurut standar gw) lucu2 banget. Pretty sure suppliernya sama kayak yang di Aliexpress. Namun tentunya harganya lebih murce, gratis ongkir (pake Shopeepay), daaannn most importantly tidak ada additional cost untuk pajak (karena sudah di-handle Shopee~) Hohohoho~

Wkwkwk ini kok malah jadi meng-endorse Shopee ya? Well, aku memang tim orange sih dari dulu. 

Anyway, so yeah gw konsultasi ke Apree dan testimony dia soal Aliexpress lumayan mix. Untuk kualitas, Apree bilang jangan khawatir, selama barang yang dibeli udah dikasih review positif sama orang2, it’s supposed to be fine. Hargapun murah (hence Aliexpress jadi langganan Apree buat beli casing iPhone). 

Kekurangannya adalah shippingnya luamaaaaa buangeeettt. Sebulan rata-rata. Kata si Apree sih lamanya itu clearance bea cukainya. Jadi emang harus sabar.

Okelah, sabar adalah nama tengahku (bad localization~), coba yuk beli dulu. Itung2 melatih kesabaran~ Wkwk

Meluncurlah gw ke situs Aliexpress. Kesan pertama situsnya oke sih, ya kayak situs ecommurz pada umumnyalah. Begitu buka, langsung disambut pop up message new user discount kayak gini:



Sekitar $3~ Ya tentu saja diambil dong~~ Wkwk

Kemudian search barang yang gw mau. Apakah itu? Hama/perler/artkal/pyssla beads aja, kakak… Udah pernah gw ceritain kan di sini bahwa gw dan Cuprit lagi keranjingan bikin prakarya berbasis hama beads. Nyehehehe~~

Kita menyadari shades of colors yang kita punya sekarang sangat limited, jadi gw mau beli shades lain untuk memperkaya koleksi. 

Mulailah gw berseluncur di Aliexpress. Generally, harganya lebih make sense dari ecommurz di Indo, namun tentunya gw ga bisa gegabah asal pilih, karena 
1) Pasti kena pajak, hence ada additional cost 
2) Ga semuanya gratis ongkir (tapi bisa di-filter sih)
3) Harganya dalam USD, meaning tiap hari ratenya bakal beda2, yang dibeli hari ini bisa jadi besok lebih murah/mahal.

Semua itu harus jadi pertimbangan dalam memilih. Gw sebenernya sudah mengerti benar 3 poin itu, tapi satu hal yang gw miss saat belanja pertama kali adalah… tentang hama beads-nya itu sendiri~ LOL

Sebagai pembeli baru, tentu gw cari yang termurah kan, lalu gw liat salah satu SKU (stok keeping unit aka produk tersebut) itu terdiri dari 39,000 beads, harganya cuma sekitar $19 saja. Ini oknumnya.

Wah, kok murah sekali?

Fyi, SKU lain menjual hama beads rata2 10,000 beads itu $20-an. Jadi SKU yang gw temukan itu tergolong murah sekali. Sellernya menyediakan gratis ongkir pake Aliexpress Standard Shipping dengan keterangan 20-35 days (yaudahlah ya ga usah protes, wong gratis. Review orang2 pun bagus2. Lalu gw punya new user discount pula~ Tanpa babibu gw langsung beli! Add-to-cart, bayar pake CC, done~

Total gw bayar itu $16an, udah semuanya + new user discount!



I was so happy, thinking I just made a very good deal, it was so awesome…

But then! I realized I made a HUGE mistake!

Yang gw beli itu beads yang 2,6mm, padahal yang mau dibuat prakarya yang 5mm~ T.T

Dodol siah~

Pantesan murah bener~

Sayang kedodolan ini baru gw sadari beberapa hari kemudian. Ketika gw mau cancel, udah ga bisa, karena si seller udah dispatch barangnya~

Fyi, status order kita bisa dilihat di profil Akun kita ya, bagian My Orders. Setiap progress di-update di situ dan dikirim email juga. Jadi gw tau ketika seller itu udah melepas barangnya untuk di-shipping. Bentuknya kayak gini:



Oh well, nasi sudah menjadi bubur~ 

Berarti gw harus beli lagi! wkwk~

Berselancar lagi, kemudian menemukan SKU yang benar, ini dia. Harganya lebih mahal, tapi yasudahlah ya kan gw masih dapet gratis ongkir, plus new user discount-EH, SHIT~ Kalo beli lagi, gw udah ga dapet new user discount dong? Itu kan cuma buat pembelian pertama~ Asyem~

Puter otak, gw bisa bikin akun baru. Eh tapi ada kemungkinan ga dapet juga, karena who knows IP laptop gw udah terekam sama mereka, hence udah ga dianggep new user lagi. Puter otak lagi, gw harus pake IP baru, jadi, mari kita install aplikasinya di hape! Wkwk~ #selaluadajalan

Begitulah, pembelian kedua, gw lakukan via aplikasi, dengan mendaftarkan email yang lain. Jadi gw tetep dapet new user discount~ NYEHEHEHE~~

Things people do to get gratisan, men… Gw berasa indon banget ini~ Merdeka! wkwkwk~

Fyi, barang kedua yang gw beli itu masih dapet free shipping, tapi bukan dari Aliexpress Standard Shipping, melainkan Cainiao Super Economy Global.

Long story short, kedua order gw dateng minggu ini, kurleb 3 minggu setelah gw beli mereka. Jasa pengiriman lokal rekanan mereka adalah Post Indonesia, jadi tukang pos dateng bawa bill tax yang harus gw bayar dan TTD. 

Surprisingly barang kedua dateng duluan hari Rabu kemarin, dan gw harus bayar Rp 22ribu. Make sense, karena pajak emang biasanya sekitar 10%.

Barang pertama dateng hari Kamis, dan gw harus bayar… 7ribu!!!

Hah?? Kok murah banget pajaknya?? Padahal harga barang ga jauh beda, dan literally tipe barang sama. 

Kalau bisa gw simpulkan:

Barang pertama >> beli via web Aliexpress tanggal 3 Agustus seharga $19,93 >> dapet new user discount $3, jadi $16,93, which is IDR 246ribu >> bayar pake CC >> dikirim via Aliexpress Standard Shipping >> nyampe 26 Agustus (23 hari) >> pajaknya 7ribu (sekitar 3% dari harga barang) 

Barang kedua >> beli via aplikasi Aliexpress tanggal 9 Agustus seharga $19,04 >> dapet new user discount $3, jadi $16,04, which is IDR 234ribu >> bayar pake CC >> dikirim via Cainiao Super Economy Global >> nyampe 25 Agustus (16 hari) >> pajaknya 22ribu (sekitar 9% dari harga barang) 

Gw ga paham:
1. Kenapa Cainiao Super Economy Global lebih cepet sampainya padahal barangnya gw beli 5 hari setelah barang pertama yang menggunakan Aliexpress Standard Shipping
2. Kenapa Aliexpress Standard Shipping pajaknya lebih dikit daripada Cainiao Super Economy Global. Apakah ada subsidi tambahan dari Aliexpress? Misteri, tidak pernah dijelaskan

Gw baru sekali menggunakan Aliexpress jadi ga mau asumsi asal2an dengan men-generalisasi Cainiao Super Economy Global lebih cepet sampai tapi pajaknya lebih mahal, ataupun Aliexpress Standard Shipping lebih lama sampai tapi pajaknya lebih murah.

Anyhow, so yeah that’s my experience belanja di Aliexpress. So far ga ada keluhan selain waktu pengiriman. Well, gw terbiasa dengan Shopee Crossborder yang sama dari China juga, sampai dalam waktu 7-10 hari. Kenapa sistem serupa ga bisa diterapkan sama si Aliexpress?

Gw especially bingung kenapa dia lama banget di pesawat. Soalnya kan keliatan yah di tracking, bahwa barang itu lagi bersama maskapai. Sekitar seminggu status barangnya ga berubah: “bersama maskapai”. I mean, maskapai macam apa lama banget penerbangannya? Beijing-Jakarta aja cuma 6 jam~

Gw paham sih sebelum sampai di Indo, dia transit dulu di Singapur. Apa maksudnya maskapai itu berarti masih di sekitar bandara gitu ya? Konteksnya lebih ke logistik. Not necessarily di udara~

That’s another mystery they don’t reveal~

Temen-temen kalo punya pengalaman serupa atau tidak serupa boleh komen sharing pengalamannya ya~

Happy weekend!

No comments:

Post a Comment