Sunday, December 26, 2021

Now we are breaking up [part 2]

 Heyho~~

Just quick one, sedikit update. 

Minggu kedua paska pemberitahuan layoff… it’s a pretty confusing week! Mau apa-apa bingung. Kalo mau ngerjain sesuatu, yang kepikiran: ngapain sih gw masih ngerjain ini?

Tapi terus kalo ga ngerjain apa-apa, malah makin bingung~ Mau ngapain? Dari yang tadinya sibuk banget, sekarang ga ada kerjaan gitu~ 

Akhirnya mengisi waktu luang dengan bikin merchandise kenang-kenangan buat temen-temen kantor, bikin kata-kata perpisahan buat colleague di seberang lautan, termasuk di antaranya bos gw dan mantan bos si Albus Dumbledore. In between sempet juga ngerapihin file-file lama, buang-buangin yang ga perlu, kumpulin yang penting2. Well, typical farewell stuff.

It feels weird semuanya diburu-buru~ Biasanya resign kan one month notice. Ketika udah ada tanda2 bakal resign pun mental udah mulai siap-siap. Sekarang situasinya lain, “dipaksa” untuk cabut, jadi bener-bener ga ada persiapan apa-apa. One month notice dipangkas jadi two weeks notice. Harus dealing with unnecessary emotion di tengah-tengah keriaan Natal dan tahun baru dimana semua orang lagi happy holiday mode.

It’s so damn confusing.

Hari Rabu ke kantor karena shift. Jadi office manager kita punya strategi ganti-gantian masuk kantor supaya colleague seberang lautan bisa lihat di CCTV bahwa tim Indo masih pada kerja. Kita parno gaji kita cut-off date-nya dihitung sejak pemberitahuan layoff soalnya. Maklum, soal PHK dan pesangon masih belum ada kejelasan.

Ya, nasib kita sekarang belum jelas. Paketnya sih udah ada dan lumayan. Overall kita dapet sekitar 4x gaji + bonus. Tapi masih TBC, belum dapet approval LT alias leadership team. 

Yang bikin makin aneh adalah kita disuruh bikin surat resign, yang menyatakan kita mengundurkan diri secara sukarela. Kompak kita bertujuh ga setuju, karena surat resign akan melemahkan posisi kita secara hukum. Orang di-PHK mana ada bikin surat resign, lha wong company yang memutuskan hubungan kerja, bukan karyawannya~ Dasar aneh!

Perihal ini kita mau coba nego. No surat resign, kita mau menjalani prosedur PHK sebagaimana seharusnya, seperti yang ada di UU. Jika company ngotot minta surat resign, kita mau pesangon ditambahin dan dibayar segera. Kalau belum dibayar, kita ga akan kasih surat resign-nya.

Doakan, mudah-mudahan nego berhasil. Besok nih meetingnya.

Minggu lalu masih berat ninggalin, minggu ini kita pengen cepet2 cabut aja. Udah ilfil gegara the damn surat resign ini.

Kalo ga ada perkara surat resign, harusnya minggu depan udah last week kita. 

Anyway, minggu ini juga akhirnya memberanikan diri cerita ke 2 orang lain, Rini dan nyokap. Entah kenapa Senin-Selasa tuh otak gw semakin overthinking, makin lama makin aneh-aneh. It’s too soon for a mild depression, tapi gw takut arahnya ke sana, sehingga yang kepikiran adalah gw harus reach out ke seseorang, dan harus cerita.

Top of mind-nya adalah Rini. Janjian ketemu di Lotte hari Rabu, sebelumnya udah heads up kalo gw akan membawa berita yang tidak baik, kondisi gw pun sedang tidak baik. 

Ketika ketemu, gw pun mencurahkan semua isi hati dan kegundahan. Rini mendengarkan, sesekali memberikan reaksi dan tanggapan. Rini itu orangnya jauh lebih dewasa dan lebih kritis dari gw, sehingga tanggapan2 yang diberikan sangat mengena di hati. Ada part ketika gw blaming myself dan takut memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, Rini bilang “don’t be so hard on yourself”…

Wednesday, Dec 22nd, 2021 7pm GMT+7 marks the day I cried so hard for the first time in Sushi Tei, Lotte Avenue. 

Ini adalah tangis yang seharusnya keluar minggu lalu, setelah dapet pemberitahuan layoff. Tangis yang ketahan 10 hari, akhirnya pecah. 

“Keluarin aja, Cung. Emang seharusnya dikeluarin, jangan ditahan.”

Gw ga menahan sebenernya, gw emang pengen nangis dari minggu lalu, tapi ga keluar~ Setelah disentil sama Rini baru deh keluar~ 

Tapi lebih lega sih setelah nangis. Kelegaan ini memberikan gw keberanian untuk ngomong ke nyokap malam itu juga. Alhamdulillah reaksi nyokap minimalis. Kaget, sedikit bingung, mempertanyakan satu dan lain hal, tapi ga dengan emosional. Biasa aja. 

Mungkin karena gw akhiri dengan info “minggu ini ada wawancara 2 company”. Oh yeah, belum cerita, udah di-interview hari Kamis dan Jumat kemarin. :3

Dua-duanya sinyal positif, coba kita berikan nama samaran ya. Yang pertama, Whoa. Yang kedua, Errthing. Whoa itu social media dari China, Errthing itu OTT dari Indonesia. Fun fact: dua-duanya pernah menjadi company idaman, dulu. 

Gw sih lebih condong Errthing ya, karena sesama OTT. Jadi gw tidak mengkhianati my heart (lagi) kalo misalnya keterima. Kapok banget mengkhianati hati yekaann~~

Yang gw takutkan posisi gw di sana downgrade, karena struktur organisasinya gemuk banget, kebanyakan orang. Yang di QQ reporting langsung ke country manager/CEO, nantinya gw 3 level di bawah CEO. 

Well, ga bisa picky ya. Yang penting diterima aja dulu. Asal gajinya minimal sama kayak sekarang sih, let’s go. Kalo gajinya downgrade juga sih…… *ga mau mikir sekarang, pusing~*

Best of luck! 

Minggu depan targetnya urusan settlement kelar, balikin laptop, foto-foto farewell sama kantor (mau recreate foto Han Hyojoo!), bagi-bagiin hadiah ke temen-temen. 

Syukur-syukur ada kabar dari Errthing, karena kemarin user-nya sih kayak udah suka, dan dia bilang proses selanjutnya langsung HR, ga perlu interview user lain lagi. Bismillah. Semoga beneran.

Insya Allah sebelum tahun baru kelar semua urusan sama QQ, biar Januari bebas. Bebas kegiatan dan bebas worry!

Mau planning Bali trip, sambil merayakan si Cuprit kelar sidang dan lulus S1. If all goes well, I’ll pay for everything. Bismillah. 

Okay, segini dulu. Nanti gw update kalo ada perkembangan terbaru. 

No comments:

Post a Comment