Sunday, May 7, 2023

Egggcited!!!

 Hi, guys! How yall doin?

Tomorrow is a BIG BIG DAY for me!

It’s my debut to mengajar offline!!!

Alhamdulillah wa syukurillah.

Ga lama sejak doanya dikirimkan, langsung dijawab.

Rajin-rajin berdoa, guys. wkwkwk~

Gw akan mengajar di sebuah kampus di bilangan Jakarta Timur besok. 

Yang mau tau gw ngajar apa dan di kampus apa, kepoin LinkedIn gw.

I’m sooo excited! Perdana ketemu mahasiswa dan dosennya. Mudah2an pada asyik-asyik semua. 

Excited to be back on campus, not as a student, but as a lecturer. Giving me a whole new perspective. 

Kemarin gw udah kepoin kampusnya gimana. Liat-liat video campus tour. Kece juga. Typical kampus swastalah. Bersih, modern, dan terawat. 

Persiapan gimana persiapan? Honestly, not much sih. 

Paling siapin outfit. Tadinya mau heboh sampai beli baju baru buat adapt “teacher look”. Tapi keuangan lagi seret kak, kan mau ke SG besok, kemarin baru nukerin sekian juta beli SGD. Mahal banget rate-nya sekarang, 11ribu!! Ya Allah jaman kuliah cuma 6ribu~~ T.T

Outfit gw pake yang ada aja, kemeja + celana bahan. Gw kecein di sepatu, pake Docmart! Uhuyyyy

Nggak beli baru, ternyata Docmart yang gw ceritain di sini ketemu, guys!!! Surprisingly kondisinya masih bagus, padahal 6 tahun lebih ga dipake~ Cakeplah atasnya formal bawahnya semi-rocker. Wkwk

dr martens evan off white tulip ♡


Lalu pastinya gw siapin deck. Kemarin tuh 4 jam gw ngafe buat bikin deck. Gw suka sih perkuliahan ini topik tiap minggunya ga berat, ga kayak kalo ngajar di platform edutech yang berat banget dan mendalam. Jadi otomatis materi yang disiapkan lebih banyak dan lebih lama karena harus bener2 deep dive, riset sana sini, translate ke deck, desain.. Stres!

Deck buat perkuliahan, gw keep it short and simple aja karena deck panjangnya yang isinya teori udah dibikin sang dosen. Deck dari gw sifatnya additional aja, kayak ngebahas topik dari sisi praktisi dan kasih contoh dan exercise. 

Anyway so yeah I’m really really looking forward to tomorrow. Karena pengalamannya akan dijadikan benchmark untuk karier ajar-mengajar ke depannya. Lebih enak kelas online atau offline, lebih efektif/seru ngajar universitas atau platform edutech, dll. 

Selain mencari nafkah, gw bisa latihan public speaking juga, lalu memperluas koneksi, dan menambah ilmu dan pengalaman baru pastinya, karena gw-nya pun jadi belajar lagi juga, on top of that yang terpenting bisa berbagi ilmu. Karena ilmu itu nggak akan berguna kalo nggak dibagi.

Akhirnya berguna juga itu title S.Sos dan MA. Selama ini bertengger tak berarti di nama gw. Kek kelen ngapain di situ guys? Ga kepake di lingkup profesional~ Ga ada tuh pas interview HR atau user nanya “ini title S.Sos dan MA kamu artinya apa?” nope, ga ada yang peduli. Kuliah S2 bisa mempermudah mendapatkan pekerjaan dan negosiasi gaji hanya mitos belaka ygy, jangan dipercaya.

Title kepake di lingkup akademis, because these degrees can show that you have the specialized knowledge or technical skills required to teach the students. Pretty sure dosen yang nge-hire gw mempertimbangkan ini ketika memilih gw di antara ribuan kandidat dosen tamu lain. Title gw bisa buat mereka jualan juga. 

Semoga ke depannya lebih banyak tawaran mengajar lagi. Karena mengajar lebih sustainable daripada kerja kantoran. Nyehehehe~

Anyway, selain debut mengajar, besok juga adalah harinya Unimelb Alumni Reception! Uhuy~~ 

Jadi gw akan bertolak dari Jaktim kembali ke Jaksel untuk menghadiri reuni akbar. It’s been a while. Terakhir reuni akbar seinget gw 2018. Itu rame banget, 1000 orang lebih ada kali. Dari sekian banyak orang, paling yang gw kenal cuma 10 orangan. Yaa namanya reuni akbar, semua angkatan ada, dari S1 sampai Ph.D, can’t expect knowing everyone.

But it’s still fun though, being part of the community. 

Gile nggak jumpa 6 taun, men.. Mana zaman kuliah ga deket2 amat.. Kan gw gaulnya sama cecinaan dan bebulean selama di Melb~

Mau ngobrol apa ya? 

Hey, pakabar?

Baik, lo pakabar?

Baik juga.

That’s good to hear.

End of conversation. Hahaha~

Oh well. I hope the event is not boring, the food is nice dan ada doorprize tiket pesawat ke Aussie. Temen gw si Stephanie nanyain mulu kapan ke sana nih. Sabar kali, lagi sibuk cari cuan. Wkwk~

A’ite, gw mau yoga duyu supaya besok namaste sepanjang hari. Big day!

Bye~~

No comments:

Post a Comment