Wednesday, July 6, 2011

Summer 2011 : HK-SZ Trip #2



Day Two : Full-day @ Disneyland


Remember when i say i grew up with Disney?

Yeah that’s true.

Hidup gw dari kecil diwarnai sama karakter2 Disney, jadi udah bisa ditebak kalo gw dari kecil selalu menyimpan hasrat untuk bisa pergi ke Disneyland.

Alhamdulillah di umur gw ke 22, akhirnya gw bisa sampai di tempat yang dari dulu terkonsep sebagai The Happiest Place on Earth di kepala gw.

Oh. Sungguh. Penantian. Yang. Panjang.

Hari itu dimulai dengan sarapan di hotel, makanannya typical hotel breakfast, gw makan Chinese Noodle + Salad.

Setelahnya langsung naek ke bus menuju ke Disneyland. Sekali lagi ini ga enaknya ikut tur, kemana-mana harus naek bus, padahal gw sangat pengen naek train khusus ke Disneyland yang hanger-nya bentuk kepala Mickey itu..

Sesampainya di Disneyland, agak pesimis bisa menikmati hari dengan ceria karena cuaca mendung dan gerimis. Rambut gw yang sehari sebelumnya dicatok belom apa2 udah kembali ke bentuk rambut Hermione Granger, jadi harap maklum kalo di foto2 berikutnya rambut gw kebayakan diiket.

our tickets, mine is the Buzz Lightyear one :)

Disneyland HK buka pukul 10 waktu setempat. Rombongan tiba sekitar pukul 11 jadi pas sampe sana udah lumayan rame Disneyland-nya. Pertama kita ngantri untuk pass tiketnya (tiket udah dibeli in advance sama tour guide) dan langsung disambut dengan patung Mickey Mouse dengan segala foto disana sini serta soundtrack film-film Disney berkumandang dari segala arah.

foto-foto formalitas


1st stop : Mainstreet USA

Semua pengunjung diarahkan ke Mainstreet USA dari pintu utama. Mainstreet USA merupakan deretan toko-toko yang jual merchandise Hongkong Disneyland mulai dari yang penting sampe ga penting sama sekali. Toko2 seperti ini paling ideal dikunjungi setelah kita selesai main. Harga barang2nya cenderung mahal *ya iyalah original Disney* tapi tetep worth untuk dibeli karena ga dijual di tempat lain.


mainstreet miring
Diujung Mainstreet ada jalan bercabang dua, di kiri Adventureland, di kanan Tomorrowland. Nyokap gw yang udah sekian kali kesini udah punya strategi mana wahana yang harus kita naekin duluan di Disneyland. Beliau menyarankan untuk belok kiri dulu ke Adventureland dimana first stop kita disana akan adalah Festival of The Lion King.


2nd stop : Festival of The Lion King

FTLK ini secara singkat adalah pentas drama The Lion King yang diperankan sejumlah orang in costumes. Kalo lo baca blog gw, gw pernah ngepost tentang The Lion King on broadway lengkap sama trailernya dari YouTube. Nah FTLK ini mirip2 itu, tapi dengan set yang lebih sederhana dan cerita yang disingkat2. Wuidiiih.. si nyokap tau aja gw dari dulu craving for The Lion King on broadway, jadi langsung ngajak kesini.. hihihi..



Overall FTLK lumayan, karena aksi panggungnya menarik dan cukup ekspresif, soundnya juga oke. Nyokap gw ngevideo-in the whole performance, nanti kalo gw niat akan gw post di YouTube gw, kalo niat lho yaaa... :P


3rd stop : The Golden Mickeys

Ini terpaksa banget karena sekeluarnya kita dari FTLK ujan deres, jadi gabisa naek wahana2 yang outdoor. Saat itu emang udah jam makan siang tapi karena takut kelewatan The Golden Mickeys show yang akan tayang sekitar 1 jam lagi, akhirnya kita memutuskan untuk ngantri itu aja.

Kita masuk ke satu auditorium super luas yang mungkin bisa muat 1000 orang untuk menyaksikan pertunjukan dari seluruh karakter Disney populer. Pertunjukan dibawakan dengan format Award oleh seorang host yang mirip sama Demi Lovato. 

opening act

Emang dasar China komunis chauvinis, the whole show The Golden Mickeys pake bahasa Mandarin aja gitu.. Mickey jadi Mai Kai, Minnie jadi Mai Nai.. Eaalaahh.. Tapi ada subtitle bahasa inggris sih di layar yang dipasang di kanan kiri stage.. tapi kan tetep aja.. Untung pas bagian nyanyi2 ga di-dubbing Chinese juga, gile aje bisa kehilangan estetika tuh lagu2 Disney. Nyehehehe~


4th stop : Lunch at Clopin’s Festival of Food

Sebenernya banyak banget Food Court di Disneyland, hampir setiap wahana ada Food Court-nya. Gw nyari yang paling deket sama The Golden Mickeys, so Clopin’s it is. Menu makanannya standar meal juga. Lo bisa milih mau nasi/mie sebagai makanan utama dan pilih 1 lauk pendamping, kali ini bisa di-identifikasi mana yang berbabi mana yang ngga karena ada tulisannya gede2. Tapi ga tau juga sih, kan yang bermasalah minyaknya. Hahah~ 

beef something-something with rice

Oh ya kalo lo ikut tour, lo akan dikasih meal coupon untuk lunch dan dinner. Jadi beneran di Disneyland kalo mau makan udah tinggal tuker kuponnya dan ga harus bayar lagi. Satu kupon untuk 1 porsi meal dan 1 mineral water. Gw beli Black-Sticky-Rice-Corn-Puding cuma karena ngincer case kepala Mickey-nya. Eh pas sampe di hotel malah dibuang sama nyokap.. T_T


5th stop : The Fantasy Parade

Salah satu performance wajib tonton di Disneyland adalah Fantasy Parade. Biasanya, di Parade ini ditampilkan semua karakter Disney berjalan bersama-sama, ada yang jalan pake kaki, ada yang naek kreta. Mereka menari, menyanyi, berbaur sama penonton, dan ga keberatan untuk difoto. Tapiii... sialnya kemaren itu HUJAN!! DAMN IT!

Padahal udah duduk manis di Mainstreet yang notabene tempat paling pewe buat nonton Parade, eh malah hujan~ 10 menit sebelum waktu show dimulai, ada pengumuman dari loud speaker: Due to raining, Fantasy Parade is replaced by Disney Rainy Day Express~ Apaan lagi tuh?!

randomly captured shitty parade

Jadi DRDE itu parade juga, tapi karakter2 yang tampil cuma dikit dan semua pake jas hujan. Mereka ga ada yang berbaur karena ditempatkan di satu kereta yang ga terjangkau oleh penonton, jadi ga bisa salaman atau foto bareng. Yang paling menohok adalah, mereka cuma tampil 10 menit! Najong! Udah berlama2 nunggu, abis mereka nari2 pake 2 lagu, langsung digeret keluar lagi sama petugas2nya. Yaa.. namanya juga express.. huhuhu


6th stop : Jungle River Cruise

Saat itu gw udah berasa cupu banget, gw lagi ada di Disneyland tapi belom sekalipun naek wahana-wahana yang memacu adrenalin. Trus gw liat ke peta, itu kali pertamanya gw liat peta selama di Disneyland, karena wahana2 sebelumnya berhasil kita temukan karena nyokap gw udah hapal di luar kepala semua seluk beluk Disneyland. Pas gw perhatiin petanya, err.. kog kayanya Disneyland Hongkong kecil banget ya? Serius deh, gw ngerasa dari Mainstreet sampe Sleeping Beauty Castle itu ga jauh2 amat, tapi di petanya digambarin kaya jauh banget gitu.

Trus gw scan untuk cari wahana2 ekstrim, eh... kog... ga ada? Eh yang bener lo?! Gw udah sampe Disneyland nih, gw pengen maen semua wahana yang gw liat di sini, sini, dan sini. Tapi kenapa ga ada???

Ternyata oh ternyata saudara-saudara, Disneyland Hongkong itu target visitor utamanya adalah CHILDREN. Catet itu. C-H-I-L-D-R-E-N. Jadi extreme level wahana2nya juga disesuaikan dengan nyali CHILDREN. Holycr*p!

Makanya gw bingung, waktu mau naek Space Mountain, kog ada anak kecil segede ade gw ikutan ngantri?! Trus pas beli tiket juga harga tiketnya kog bisa murah banget?! Bahkan hampir setara sama Universal Studio Singapore (USS) yang baru buka..

Pesan moralnya adalah, kalo lo mau maen2 ke wahana2 kelas dunia, dan lo mencari tempat dimana lo bisa menyalurkan semua adrenalin craving lo, gw sarankan lo ga usah ke Disneyland HK, mending langsung ke USS deh, karena sekali lo naek Battlestar Galactica, (konon katanya) cara jalan lo udah ga bakalan seperti dulu lagi. Huahahahah~

Anyway, ya, abis nonton shitty Parade, gw tadinya pengen langsung ke space mountain, tapi di depannya udah ada warning 1 ½ hours queue, gile aje~ Akhirnya kita puter arah ke Adventureland, karena mau naek Jungle River Cruise.

self-portrait bcoz mom was too busy recording by handycam~

It’s a boat ride, disesuaikan dengan setting film-film Disney yang mengusung tema hutan belantara, ya Tarzan, The Jungle Book, what else? Ya banyaklah. So far sesuai ekspektasi gw. Seru karena dari dalam aer tiba2 suka ada hippo yang tiba2 muncul atau gajah yang nyembur aer. Sempet ada momen dimana ceritanya kita masuk gua berapi yang apinya beneran keluar sehingga efek panasnya kerasa. Lumayan ngagetinlah, tapi tetep aja.. children level.

Sepanjang ride, si cewe nahkoda kita nyoba jelasin kita what is this and what is that, cara ngomongnya dia lucu kaya story telling (honestly gw pengen lho kerja di Disneyland jadi kaya si cewe nahkoda gitu, hihi), cuma satu kekurangannya: Dia. Ngomong. Semuanya. Pake. Bahasa. China!


7th stop: Shopping!!

Udah mulai cape jalan-jalan, kita kembali ke Mainstreet untuk foya-foya. Barang-barangnya standar merchandise sih, tapi tetep aja worth dibeli, kan original Disney *loyal*. Gw beli gantungan kunci, kalung, gelang, kaos, dan dompet. Belakangan menyesal karena total belanjaan gw menguras setengah lebih uang jajan yang gw bawa ke Hongkong. T_T

i love those picts so much, my Tonks' hair had returned! :D

Di sekitar Mainstreet juga banyak Character2 yang berkeliaran, tadinya mau foto sama Mickey & Minnie tapi kacau ngantrinya puanjang buanget. Padahal tuh Mickey & Minnie udah stay disitu dari sejak kita masuk Disneyland. Tapi beruntung kita ketum Goofy dan Chip and Dale. Gw cuma foto sama mereka~ :(


8th stop: Main Street Corner Cafe

Sebenernya ga laper2 amat, tapi i had set my eye on Mickey Waffle since the time i entered Disneyland. Udah naksir waffle kepala mickey banget, penasaraaan!! Kebetulan nyokap dan ade gw juga pengen nyobain Nachos dan es krim setempat, jadi kita melipir ke cafe ini dulu. Harga wafflenya HKD $16, belakangan gw baru sadar mahal yee.. buat kueh doangg!! Makanya langsung ga kira2 ambil Maple Syrup-nya. Hihihi~

Mickey Waffle, too cute to be digested into poop~

9th stop: Autopia

Ini nih wahana yang ditiru sama Trans Studio.. Hihihihi.. Semacam Bom Bom Car tapi jalurnya udah ditentukan. We ride the car ourself, jadi terserah mau kenceng/pelan. Ade gw pengen banget naek ini, no wonder, pas ngantri gw liat BAYI aja bisa nyetir mobil ini. Ckck. Cemen.

No photos, sorry, too cemen to show.


10th stop: Buzz Lightyear Astro Blasters

Tau Perang Bintang di Dufan? Nah ini semacam itu, tembak2an cemen. Hihihi~ Kita jadi space rangers yang ngebantuin Buzz buat ngalahin Zurg. Aaaah.. typical.. iyalah musuhnya Buzz kan Zurg ya, bukan Lots-o-Huggin-Bear. Hihihi. Tapi ini lebih splendid-lah settingnya, lebih besar dan fantastis. Lumayanlah daripada naek Mad Hatter Tea Cups atau Cinderella Carousel.

strangers~ from the outside~ uwoooooww

11th stop: SPACE MOUNTAIN!!

Gw udah craving untuk naek ini sejak kelas 1 SD, sejak dibeliin Laser Disc Disneyland Fun sama bokap! Tapi nyokap gw menolak mentah2 untuk naek lagi, karena terakhir kalinya beliau naik ini, pas keluar muntah2 katanya. Alhasil, gw naek SENDIRIAN. Biarinlah! Biar lebih menantang! Ayo hajar!!!

Saat itu udah sekitar jam 5, dan rombongan tour gw akan meninggalkan Disneyland jam 6, tapi gw no idea ini Space Mountain ngantrinya berapa lama.. pas gw tanya yang jaga, dia cuma bilang, ‘Not that long, short queue, don’t worry.” Ih~ ga menjawab pertanyaan. Tapi gw udah jauh2 ke Disneyland, masa ga naek Space Mountain?!

Akhirnya gw nekat bilang ke nyokap:

“Mah, aku harus naek Space Mountain, kalo ga aku bisa nyesel sampe beneran ke USA, kalo terpaksa harus ditinggal tour bus, yaudah tinggal aja, aku pulang naek MTR.”

Gw kirain nyokap bakal jawab dengan penuh rasa iba dan respek gitu ya, eh...

“Yaudah naek aja, emang Mama mau disini sampe jam 9 nungguin fireworks!”

DUENG~~~

Mengantrilah gw sekitar stengah jam. Stengah jam penuh degdegan. Ya standar degdegan kalo mau naek wahana ekstrim2 sih, tapi seneng juga karena Disneyland Adventure hari ini walopun hujan tapi ditutup dengan cantik oleh wahana paling ekstrim.

Lucunya, sesaat sebelum naek ke roller coasternya, ada peringatan gini:

LAST CHANCE EXIT!

Huahhaahahahahha~

What’s life without a little risk, yow?!

Ga pernah kenalan sama Om Sirius Black ya? Hihihi

Anyway, ternyata Space Mountain ga serem2 amat, bahkan cenderung cupu! Serius! Nilainya paling 3 dari 5. Turbulence-nya standar, tukikannya ga terlalu ekstrim, sudden drop-nya juga too easy to forget. Pas di dalemnya juga masih cenderung terang karna banyak bintang buatan dimana-mana, jadi kemana arah roller coaster-nya jalan masih keliatan. Klo Revenge of The Mummy di USS lebih serem, karena lo bener2 total ga bisa liat apa2, jadi ga ketebak selanjutnya itu roller coaster bakal ngapain. Hehe.


12th and last stop: Fireworks!




It is magical.


So that is all my adventure at Disneyland HK. Gw tidak menyarankan untuk dateng kesini untuk adrenaline junkie karena ga akan terpuaskan sama sekali. Buat orang-orang yang mindset Disneyland-nya seperti gw, yang plek-plek-an pengen Disneyland HK kaya Disneyland Florida, siap-siap kecewa aja. Hehehe.
Tapi Disneyland HK worth juga untuk dikunjungi selagi ke HK karena however it is, ini tetep Disneyland, you will still feel the Disney vibe all over, lumayan mengenang masa kecil, spot foto2nya juga oke2, dan harganya cenderung murah juga (sekitar HKD $300, lebih murah lagi kalo pake Visa).

So see ya in the next post, folks!

Zai jian Mai Kai he Mai Nai!!!


PS: Credit to Nanien, who introduced me to Picasa, makes my life easier to combine many pictures into one! Tararengkyuuu, bro!! :*

No comments:

Post a Comment