Tuesday, July 5, 2011

Summer 2011 : HK-SZ Trip #1

Hai! I just woke up from 14 straight hours  of sleep. Cape banget baru pulang kemaren.. di pesawat, well.. 5 jam doang sih, tapi tetep aja cape, kenapa ya? Padahal duduk doang~ kayanya energi manusia cuma bisa maksimal digunakan di darat deh, kalo di udara mungkin ada gravitasi shits yang memakan energi kita lebih besar, jadi ya tetep cape..

Anyway~~

This is a holiday post! I will share to you my Hongkong-China trip last week! Enjoy!
Kantor nyokap gw, salah satu agensi iklan di Jakarta, minggu kemaren mengadakan outing ke Hongkong dan China. Rencananya udah dari jauh2, hari h-sebulan bahkan. Awalnya nyokap mengajak gw dengan catatan gw harus membayar sendiri tiket pesawatnya, fyi setiap karyawan berhak ngajak keluarga/teman asal bayar sendiri tiket pesawatnya.

Pas nyokap bilang kita akan ke China gw sebenernya mauuu banget, secara gw cinta mati sama kebudayaan+bahasa+negeri China. Tapi gila tiket pesawat ke Hongkong kan mahal banget, kalo gw bayar sendiri gw ga bakal jadi nonton Harry Potter di Singapore. Between Harry Potter and China, jelas gw lebih milih Harry Potter-lah.

Jadi yaudah deh, gw udah pesimis ikut nyokap, sampe pada suatu malam nyokap gw berkata: “Seeta kamu ikut aja ke Hongkong, kantor mama butuh fotografer buat foto2in outing besok, mama juga butuh porter buat bawain barang2 belanjaan.” Voila! Gw pun jadi ikut for the sake of moto2in orang2 dan bawain barang belanjaan. :D

29 Juni 2011 - Day 1

At The Planes

Dibangunin saat ayam-ayam pun masih pada maen facebook: jam 2 pagi!! Karena ngejar flight jam 6. Susah banget bangunnya, gw sampe merencanakan ga mandi, tapi nyokap udah ngewarning: “Mama ga mau keliatan bawa gembel ke Hongkong!” Okelah.

Sampe bandara ga langsung check in karena harus nungguin temen2 nyokap yang lain. Karena perjalanan ini sifatnya ikut tour, jadi harus saling tunggu-menunggu. Sekitar jam 5 kita baru check in dan menuju waiting room. Sebenernya flight kita jam 6, tapi berhubung kita pake SQ, penumpang harus udah boarding 1 jam sebelumnya, jadi tetep aja kita harus brangkat pagi.

Ini kali pertama gw naek SQ. Eh ngga deng, kali kedua, pertama kali waktu itu ke Jepang puluhan taun yang lalu, waktu gw belom punya nyawa. Selama ini gw kalo traveling sendiri kan naeknya budget airlines, ya air asia, tiger, atau lion air, yang pesawatnya udah kaya angkot, tempat duduk super kecil, dan ga dapet makan/minum. Kemaren dikasih naek SQ, begitu masuk pesawat gw tercengang! Wanjrit ini pesawat kueren buangettt~~ Selama perjalanan bolak balik dikasih makanan. Awalnya gw masih rada malu2, kalo ditawarin cemilan gw tolak (takut muntah), tapi lama2 malah ngelunjak, ditawarin 1 gw minta 2, ditawarin orange juice, gw minta red wine. Huahahahaha~

Karena naek SQ, kita harus transit dulu di Singapore sebagai base-nya SQ. Lumayanlah daripada duduk terus di pesawat. Apalagi Singapore gitu loh!! Siapa yang bisa nolak?! Huehehehe. Transfer terminal di Changi juga keren banget, gede banget, airport-semi mall tapi versi yang sangat luxurious.

@ Connecting Terminal Changi

Tadinya kalo transitnya lama gw pengen capcus ke bioskop terdekat buat nonton Transformers, nekat banget, i know, tapi gw emang ga ditakdirkan nonton Transformers di Singapore karena kita cuma transit 1 jam, which is lari2an di Changi juga udah makan waktu sejam. Jadi yoweslah, belom ngapa2in udah langsung harus boarding lagi.

Nah pesawat yang kedua ini lebih oke lagi. At least gw bisa bilang demikian karena di pesawat menuju Hongkong ada TV yang nyediain berbagai macam film, musik, games, dll. Film-nya pun udah pada baru2 semua, ada Red Riding Hood, Rango, Soul Surfer, dll.

Insidious ada, tapi ga punya nyali buat nonton, :P

Tapi gw end up ga nonton film, cuma nonton Toast 15 menit pertama dan Just Go With It 15 pertama juga, setelah pramugari ngasih lunch super banyak, langsung tidur. Huahaha. Sekitar satu jam kemudian kebangun karena ada turbulance! Ternyata di luar ada storm!! Wanjrit! Semua penumpang langsung pada heboh! Ade gw yang super takut sama ketinggian langsung pasang posisi tiarap. Gw sih cuek2 aja, ya anggep aja ini latian buat maen Battlestar Gallactica (latian kog pake nyawa? :P)~

Setelah sekitar 10 menit turbulance, pesawat akhirnya mendarat di Chek Lap Kok Airport, HK, and yes, di luar masih hujan deres!

At Hongkong

kita sudah sampai!!

Setelah ambil baggage claim, rombongan langsung menuju tour bus yang udah dipersiapkan sebelumnya. At first i thought, oh man, this is not my traveling style~ Gw ga suka meninggalkan airport pake bus, simply karena i’m not good with road trip, gw orangnya gampang ngantuk kalo udah naek mobil. Tapi berhubung nyokap menolak mentah2 pas gw ajakin naek MTR (HK’s MRT), jadi mau ga mau harus nurut..

Pertama2 kita akan lunch dulu di salah satu restoran setempat. Kalo ikut tour, model makannya biasanya tour guide udah booking satu restoran besar untuk kita, dimana menu makanannya udah ditentukan sebelumnya, jadi kita disana tinggal makan apa yang disediain, ga ada istilahnya mesen makanan baru. Satu meja bundar besar bisa untuk 8-10 orang, akan ada sekitar 5-8 jenis makanan beda2 plus bumbu2annya diletakkan di tengah meja. Kalo kita mau ambil makanan, kita tinggal puter aja tengah mejanya.

sistemnya semacam restoran padang, jadi bisa kalap!

Overall, makanan yang disediakan cukup bisa diterima lidah gw. Walaupun beberapa makanan unidentified mengandung babi apa ngga, tapi who cares, gw laper, no compromize. Yang pasti makanan Chinese itu minyaknya gila2an, dari segi rasa mungkin ga se-tasty makanan Indo, tapi minyak yang mereka pake itu adalah jenis minyak yang bisa bikin kenyang dalam sekejap walau porsi makanannya kecil.

1st Stop : Victoria Harbour

Victoria Harbour ini semacam City Hall gitu lah kalo di Singapore, penuh gedung2 perkantoran pencakar langit yang letaknya by the sea gitu lah. Kalo siang mungkin ga terlalu terlihat splendid, tapi kalo malem, wew, udah kaya semacam New York menurut gw. Tapi harus diliat dari puncak gunung paling tinggi biar namfol bagusnya.

biar mendung tapi tetep harus hepi

Sebenernya dalam agenda kita setelah dari Victoria Harbour kita mau ke Walk of Fame yang notabene tinggal jalan kaki. Tapiii.. berhubung masih hujan, jadi tour guide ga mau ambil resiko peserta tour sakit, jadi kita langsung capcus ke Madame Tussaud.

2nd Stop : Victoria Peak

Gw ga tau siapa si Victoria ini tapi namanya banyak diabadikan jadi nama tempat2 wisata di HK. Tebakan gw yang pasti benar adalah Queen Victoria karena HK dulunya bekas jajahan Inggris. Kita menuju Victoria Peak, puncak gunung, yang disana ada Mall dan atraksi2. Untuk mencapai Madame Tussaud, kita perlu naek Peak Tram.

pardon the pink background and those fancy fonts~

Tramnya jalan naek dengan tukikan cukup ekstrim (±60º) tapi sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemandangan splendid ‘Hongkong From Above By Night’ kalau... elo dateng di malam hari. Hehehe.

Seperti layaknya turis, yang most visited disana adalah Madame Tussaud, dan seperti layaknya turis lagi, gw juga menggila foto2 disana. Hahaha.

super tourist-y me ("-__-)

Sayang patung lilin Justin Bieber belom ada di Tussaud HK..  :(

3rd Stop : Empire Kowloon Hotel

This is our hotel. Sebelumnya udah googling dan tentu saja gambar2 hasil temuan google adalah gambar2 yang difoto sama PR-nya hotel, bagus dan memuaskan. Setelah sampe, ealaaaah! The room is a crap. Enough said. Beneran ga recommended buat yang mau jalan-jalan ke Hongkong. The only good thing about this hotel is letaknya strategis dengan pusat2 perbelanjaan oke di HK, semacam Orchard Road kalo di Singapore, tapi khusus toko2 untuk kelas menengah.

Tapi percuma kalo lo ikut tour, ga akan sempet explore sana sini due to schedule yang super padat, karena prinsip tour itu mencapai tempat2 wisata sebanyak2nya dalam sehari, jadi yang didatengin tempat2 priority aja. Di tempat2 wisata pun kita cuma stay sebentar, kasi kesempatan tour guide jelasin ada apa disini, foto2 dan langsung chao. Gw yang tadinya mau act like a traveler di HK, malah end up act like a genuine first-timer tourist.

So that’s it, our 1st day at HK experiences. Seiring berakhirnya Day One, maka puasa Twitter gw pun dimulai. Di hotel gw ga ada wifi dan kalo mau make internet pun bayar HKD $40 per jam~ Najong!

Besok gw akan ngepost pengalaman di Day 2 dan seterusnya. Foto2 Day 1 selengkapnya akan gw post di Flickr gw.