Sunday, October 16, 2011

4 Sehat 5 Sempurna


-Based on True Story-

 

Dulu pas jaman SD, pernah ga sih lo disuruh guru lo buat bawa makanan 4 sehat 5 sempurna ke sekolah?

Gw pernah.

Sekali setiap tahun.

And gotta tell you, it was a horrible horrible experience~

Simply because, gw (waktu itu) ga suka makan. Susah makan. Ga suka makan sayur, buah, apalagi minum susu. Yes i was that kid who always got my mom so much pains in the ass when i came to the term ‘eating’. 

Makanan gw sehari-hari adalah nasi, roti, kentang goreng, dan chicken nugget. Well, diselingi McD dan Kentucky kalo lagi jalan-jalan, indomie seminggu sekali (or more kalo ga ketauan), dan beberapa cemilan sehat (dan tidak sehat kalo ga ketauan beli Chiki dan Anak Mas). 


Anak Mas kesukaankyuuu~ Sekarang masih ada ga sih? :(


Anyway back to 4 Sehat 5 Sempurna, gw selalu tersiksa setiap kali disuruh bawa makanan 4 Sehat 5 Sempurna full team: nasi, sayur, lauk, buah, susu. Gimana ga tersiksa?! 3 dari 5 personilnya gw ga suka! Ini malah disuruh bawa, makan di kelas, dan yang paling parah: DINILAI!

Kampret!

Kalo makanannya lengkap dan diabisin sampe ga bersisa pas penilaian, dapet A, or 100, ah lupa spesifiknya, tapi pokonya dapet nilai paling bagus. Kalo makanannya ga lengkap tapi abis atau ga abis tapi lengkap, maybe around 60-80. Tapi kalo udah ga lengkap terus ga abis pula, wah itu bisa 50 ke bawah.

Nyokap gw, ga mau melewatkan kesempatan untuk memberi makan gw dengan asupan gizi yang lengkap dan porsi yang banyak (karena dia tau gw pasti bakal makan banyak kalo di depan temen2 dan guru), memanfaatkan tugas sekolah 4 Sehat 5 Sempurna ini dengan sangat maksimal. Pagi2 buta beliau udah masak, nyiapin segala makanan luar biasa yang cuma ada di restoran2 lengkap sama Tupperware paling oke buat naro itu semua. Alhasil, 4 Sehat 5 Sempurna gw selalu end up paling wow di antara yang lain.

Tapi semua itu bukan berarti membuat gw jadi semangat makan. Kalo udah ga suka sih, tetep aja ga suka. Maybe buat sayur2 gw masih bisa maksain makan, ya karena sayur yang dibikin nyokap gw masih fresh dan lumayan enak. Buah pun begitu, karena instead of dibawain jeruk atau pisang kaya anak2 lain, nyokap gw bawain gw pear, anggur, peach, plum (seriously! Who would ever think of that, huh?).

Tapi yang paling ga bisa gw maafkan dan ga bisa gw terima adalah: S.U.S.U!!!!!!!!!!

Demi apapun gw (waktu itu) benci banget minum susu. Dulu sih suka, pas bayi sampe TK, gw selalu minum susu pake botol (ngedot, istilah nyokap). Tapi sejak masuk SD, nyokap ga ngebolehin gw minum susu pake botol lagi dan mulai membiasakan minum susu pake gelas.

THAT’S WHEN THINGS WENT BAD!

Rasa susu Klim gw jadi beribu kali lebih ga enak kalo diminum pake gelas!

I started to hate milk, you know, like really hate it~ Setiap pagi sebelum brangkat sekolah dan setiap malem sebelum tidur jadi saat2 paling menyeramkan dalam hidup gw, karena pada saat2 itu gw disuruh minum susu! Kalo malem, gw bisa mengelak dengan pura2 tidur (trust me, it works!). Tapi kalo pagi, wanjir, kalo ga minum susu gw ga dianter sekolah!!!

Tapi terus ya mau gimana, kalo udah ga suka ya ga suka. Dipaksa minum ya gw muntah. Literally. Gw muntah as soon as susu itu masuk lambung gw. Kadang-kadang di sekolah, kadang-kadang di rumah. Kalo pagi2 ada anak di kelas suka ijin ke WC buat pipis, gw ijin ke WC buat muntah. Ini beneran terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Gile berarti sejak SD gw udah bisa mempraktekan gejala-gejala orang anoreksia! :p

Anywaaaayyy *ah OOT mulu nih*. Jadinya gw selalu was-was cemas kalo disuruh bawa 4 Sehat 5 Sempurna karena gw ga bakal bisa abisin susu-nya~ :((

Tapi untungnya gw cukup pintar waktu itu (pintar atau licik ya? Ya beda2 dikitlah, sama2 Slytherin :p), jadi gw selalu think fast mencari cara gimana ngabisin itu susu. Berikut cara-cara yang gw lakukan:

(1) Menyelundupkan susu itu keluar kelas (entah diapain dan pake apa gw lupa) dan langsung buang ke tempat sampah, got, atau WC terdekat.

(2) Nyuruh temen gw ngabisin kalo guru lagi ga liat (credits to Aldi, or Kaleb, siapapun yang pernah gw suruh (dengan paksa) buat ngabisin susu gw dengan iming2 gw kasih gopek)!

(3) Tuang susunya ke tempat minum satu lagi yg untuk aer putih (isinya tentunya sudah dibuang sebelom pelajaran berlangsung), buang pas istirahat.

Bagaimana?

Cukup pintar dan licik bukan?

:D

4 Sehat 5 Sempurna pun kutakhlukkan, nilai A pun kudapat.

Bonus Cerita

Gw kepikiran bikin postingan ini karena baru kemaren (yes kemaren banget) ade gw yang notabene bersekolah di sekolah gw dulu, bernasib sama kaya gw: disuruh bawa 4 Sehat 5 Sempurna juga. Dan dia, punya eating issue yang lebih parah dari gw. FYI, ade gw tuh kalo ga diingetin makan dia ga akan makan dan dia seneng kalo ga dikasih makan~ Ampyun dah~

Kemaren subuh, gw liat di dapur nyokap gw lagi masak. Tapi yang dimasak bukan nasi, bukan sayur, bukan lauk, bukan buah, ataupun susu. Yang dimasak >> PUDING!

Wow bikin puding! Aku mau ya! Kalo udah jadi panggil aku!

Jangan! Ini buat ade bawa ke sekolah!

Hah? Ngapain bawa puding ke sekolah?

Kan disuruh bawa 4 Sehat 5 Sempurna.

SEJAK KAPAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA PAKE PUDING???????!!!!!!!

Ya gapapa, dessert. Lagian biar ade kamu makan banyak, kan kalo ada temen2nya dia mau makan banyak.


Ternyata intention nyokap gw belom berubah dari dulu sampe sekarang...

(-__-“)


No comments:

Post a Comment