Thursday, October 6, 2011

~


Kalo elo baca blog gw, follow Twitter gw, atau suka chatting sama gw, mungkin lo suka liat gw menggunakan tanda ini > (~) dalam berkomunikasi. Yep, gw emang sering sekali menggunakan tanda itu padahal semua tau itu bukan tanda baca.

Contoh:

(my recent tweets) 

“gila sedih gw ngeliat Hyun Bin dibego2in di acara alay~ keterlaluan~”

“i'm whispering in the ear of a dead man~”

“banyak banget yang bikin emosi deh akhir2 ini~ duh kalo gw emosi kan bawaannya pengen ngabisin duit mulu~ T_T”

“yah malu2in amat itu kereta ekonomi dikasih liat ke dunia~ #AmazingRaceToIndonesia

Riset kecil-kecilan gw baru saja membuktikan bahwa 1 dari 3 tweet gw menggunakan tanda (~) :p

Kalo menurut kaedah-kaedah komunikasi verbal, tanda (~) emang ga tergolong tanda baca, which means lo ga bisa menerangkan emosi atau maksud kalimat lo kalo diakhiri dengan (~).

Tapi, bukan berarti tanda (~) ga berguna. Coba deh lo inget, lo pasti pernah menggunakan tanda (~) at least sekali dalam hidup lo. Inget ga? Oke, tanda (~) ini adalah salah satu simbol yang sering digunakan dalam pelajaran matematika waktu SMA, waktu belajar topik Peluang. Inget?

Yep. Tanda atau tepatnya disebut simbol (~) di matematika diartikan sebagai simbol distribusi kemungkinan (probability distribution). Apa tepatnya maksudnya, gw udah lupa, tapi kalo X ~ Y, artinya kemungkinan variabel X ada di distribusi variabel Y. Kalo ga salah begitu. Hehe.

Kembali ke kebiasaan gw, gw menggunakan simbol (~) bukan buat lucu2an atau bikin bagus tulisan gw lho! Gw make itu tentu ada maksudnya. Terinspirasi dari analogi matematika itu, gw punya maksud sendiri ketika gw menggunakan simbol (~).

: Guess!

Yep, apapun kalimatnya, mau kalimat standar, kalimat ga penting, kalimat tanya, kalimat sapaan, twit seneng, twit ngomel, jokes lucu, twit galau, quotes film, lirik lagu, FYI, reply atau retweet, and so on, kalo gw menggunakan simbol (~) artinya lo harus menebak emosi gw ketika ngetwit itu!

Hah? Maksudnya?

Contoh: 

“i'm whispering in the ear of a dead man~”

Apa yang ada dipikiran lo ketika lo baca tweet itu?

Gw lagi ngancem orang?

Gw mau bunuh orang?

Gw psikopat?

Gw lagi badmood?

Gw lagi becanda?

Asal ngetwit?

Quotes film?

Which one do you think?

~ = Guess!

Tebak!

Semuanya mungkin! 

“good morning! beautiful day this monday, except for everyone on the road~”

Tweet itu kesannya gw lagi becandain orang-orang yang kena macet, padahal sesungguhnya itu gw lagi nyindir orang-orang yang bawa mobil pribadi. Hahaha~ 

“My Pottermore username is CauldronHolly145~”

Kesannya? Gw memperkenalkan username Pottermore gw. Kenyataannya? Gw pengen lo nge-add gw supaya bisa gw ajak duel buat ngasih poin Slytherin! Hahahaha~

See?

Ga semua yang lo liat itu bener.

Jadi waspadalah, kalo gw ngeluarin kalimat dimana pun pake simbol (~), watch out, maksud kalimat itu ga seperti keliatannya. :D

All you have to do is guess, guess, guess. Benar atau salahnya tebakan lo tentu lo harus tanya langsung ke gw dan kali ini pasti gw akan jawab sejujur-jujurnya. Tapi tanyanya jangan di social media ya, ntar gw jawab pake simbol (~) lagi kan lo jadi dua kali jalan. Hehe~

Mungkin lo bertanya-tanya kenapa gw menggunakan simbol (~), kenapa ga langsung aja gw pake tanda seru atau titik biar lebih menegaskan apa maksud gw?

Hmmm, kira2 begini. Ini era social media. Era dimana psikopat pun punya banyak temen di Facebook cuma karena status2nya inspiring atau mengibur. Banyak orang introvert di dunia nyata bisa jadi sangat extrovert di social media, begitu juga sebaliknya. Pencitraan pun terjadi dimana-mana. Yang positif bisa jadi negatif, yang negatif bisa jadi positif. You are what you twit, you are what you post. Intinya, terlalu banyak kebohongan disana.

Gw, ga mau ngikutin either yang positif atau negatif, mau maen yang aman aja, ya dengan simbol (~) tadi. Gw cuma berpikir, dengan orang-orang ga tau atau cuma bisa nebak2 apa yang gw omongin, maka image gw aman. Terserah orang mau menilai gw kayak apa, toh mereka cuma bisa nebak dan kemungkinan mereka benar sangat sedikit.

Got it? Got it?

Gw lebih sering menggunakan simbol (~) di Twitter atau Facebook atau Plurk, alias situs Microblogging.

Blog ini tadinya gw maksudkan untuk menulis apapun yang ada dipikiran gw dengan jujur setulus hati (karena awalnya gw kira blog ini cuma akan dibaca temen-temen deket gw di kom, whom i never mind to open myself a bit more to), pun jadi korban simbol (~) ketika gw tau banyak orang2 yang ga gw harapkan baca blog ini baca juga.

Okay. Now you guys know another fact about me.

So, sorry for putting yourself in so much probabilities yah, guys. Karena percayalah, komunikasi dengan tatap muka langsung adalah cara terbaik untuk mengenal kepribadian seseorang.

NB: Postingan ini saya tujukan untuk HRD perusahaan X yang baca blog ini untuk meneliti kepribadian saya. So sorry, you can’t conclude anything about me from this blog, i am beyond my writings~

No comments:

Post a Comment