Saturday, November 19, 2011

My 1st Official Press Screening and A Bit of Tintin’s Review


Gw agak2 kejar tayang ngeblog belakangan ini, udah kayak dikejar deadline. Actually no, i just had a lot of things in mind. Sebetulnya ga ada keharusan untuk posting karena kebanyakan ga penting :p tapi somehow gw ga rela aja kalo ingatan akan pengalaman yang gw rasain, hilang gitu aja seiring berjalannya waktu, padahal pengalaman itu berharga banget. Jadi yaa.. mari kita lakukan sedikit ‘pengarsipan’ pada ingatan itu, siapa tau bisa buat cerminan di masa depan dan mudah2an bisa menginspirasi orang lain. :)

So last week i had my first official press screening. Gw agak kaget waktu senior di kantor ngasih gw tugas untuk dateng press screening. I mean, gw masih anak baru gitu. Press screeening kan bisa dibilang liputan yang lumayan, err.. lumayan menyenangkan~ Jenis tugas yang biasanya ga rela diberikan langsung ke anak baru. Tapi gw dikasih dan gw seneng banget! Apalagi filmnya adalah film yang paling gw tunggu nomer tiga (#1 Deathly Hallows, #2 Dark of The Moon) di taun 2011: The Adventures of Tintin.

I was beyond excited!

I love Tintin! I read the comics, i watched the cartoons, i liked the stories, twists and quotes! Everything!

Hari itu gw degdegan banget, bukan cuma karena akan nonton Tintin, tapi juga itu press screening pertama buat gw. Sebelumnya pernah sih press screening pas magang di Media Yang Namanya Tak Boleh Disebut. Tapi filmnya crap dan yah begitulah, ga penting. Sekarang dapet kesempatan nonton film Hollywood, adaptasi komik terkenal, disutradarai Steven Spielberg. Oh my God! What could be better?!

Sebelum berangkat ke screening, gw udah ngebayangin apa aja yg akan gw lakukan disana. Gw ngincer networking dengan beberapa wartawan film yang biasanya cuma bisa gw liat di timeline Twitter. Pastinya mereka dateng juga dong? So, that’s it, gw pengen kenalan aja kalo bisa. Syukur2 dapet ilmu dari mereka kan? Terus gw juga ngincer... kuis! Haha~ Since i’m Tintin’s big fan, gw yakin bisa jawab pertanyaan kuis seputar Tintin kalo ada. Syukur2 dapet goodie bag atau hadiah~ Hehehe. Dan tentunya yang paling penting adalah rasa bangga bisa nonton duluan, before everybody else. No offense, gw suka banget ngasih spoiler! Haha! Spoiler is fun! ;p

Tapi yang namanya manusia, kayaknya emang ga dibolehin untuk berharap terlalu banyak.
Gw sampai 21 EX (lokasi screening) satu jam lebih cepat. Saat itu belom ada orang yang dateng, jadi gw memutuskan untuk jalan2 dulu sambil nyari makan. Tepat 15 menit sebelum screening dimulai, gw balik ke bioskop dan hall-nya penuh banget! Wanjrit! Ini wartawan semua?? Gile~ gw ga nyangka akan sebanyak ini~ gw kira cuma sekitar 30-50an orang yang dateng, ini sih 100 orang lebih!

Dan seperti orang Indonesia kebanyakan, mereka rebutan ga teratur minta tiket, not even queue. Panik, gw ikutan rebutan aja, resikonya ga kebagian tiket soalnya, bisa gawat. Oke, saat itu gw udah ilfil tahap pertama. Setelah dapet tiket, gw jalan2 sekitar nyari wajah2 yang tampak familiar untuk disapa. Tapi ga nemu. Sebagian besar orang udah ngobrol sendiri2 dalam kelompoknya, sebagian yang lain sibuk sama BB, laptop, atau iPadnya. Bener2 situasi yang ga memungkinkan untuk disapa.

Hopeless, akhirnya gw ngantri di depan studio aja biar dapet tempat duduk strategis. Eh di depan studio para wartawan itu udah ngantri panjang aja, lho! Wah salah strategi nih, harusnya pas tadi sampe bioskop nunggu aja sampe filmnya mulai~ Yo weis terima nasib ngantri di belakang. Ga berapa lama panitia screening dateng pake kaos Tintin (mauuuu~) tapi mereka ga sendirian, mereka mengawal artis-artis aja dong. Artis-artis sok penting itu pun mengeluh keras2 ‘duh emang kita ga bisa ya masuk duluan? Kita kan VVIP~’ Ya kali deh, Mba. Di dalem sama aja tempat duduknya gitu2 doang~

Beberapa artis masuk duluan bersama panitia. Setengah jam dari jam yang dijadwalkan, wartawan baru boleh masuk. Again, rebutan dulu2an. Chaos. Ricuh. Petugas 21 yang ngebagiin kacamata 3D sampe kewalahan karena orang2 main ambil kacamata seenaknya dari boxnya.
Gw pun masuk. Cari tempat duduk. Dapet row  E tengah pojok kanan. Strategis dan gampang keluar. Eh 10 menit kemudian, panitia nyamperin dan bilang kalo row E sama F itu khusus VVIP. Disuruh pindah. Langsung badmood. Kursi kosong tinggal di row depan2 doang. Males banget ga sih? Hopeless lagi, tiba2 ngeliat kursi kosong di row B, tapi ada popcorn orang. Gw samperin, ternyata kursi kosong dan popcorn itu punya orang sebelah. Alhamdulillah.

Film dimulai. Kacamata 3D disuruh pake. Here’s my note on 21 3D glasses. Mata gw sakit banget pake kacamata 3D dari 21. Just when i saw the glasses, i know it was a cheap-o! Ga heran bikin mata sakit. Makanya gw lebih suka nonton film 2D kalo di 21. Kalo di blitz gapapa deh 3D, kacamatanya ga bikin sakit. Tapi mendingan bawa kacamata 3D sendiri deh, beli di kota yang berlisensi resmi dari merk elektronik, kayak LG, Samsung, Toshiba, gitu2lah. Rata2 merk yang ngeluarin TV 3D pasti jual kacamata 3D nya juga kog. Konon kacamata 3D semakin sering dipake semakin ga berfungsi baik. Gimana ceritanya kacamata 3D bioskop coba?

Oke gw akan bikin review singkat tentang Tintin. Sebelomnya gw ceritain dulu the rest of my screening experience. (1) Selama film berlangsung gw sibuk buka-pake lagi-buka-pake lagi kacamata 3D nya karena mata gw sakit. Jadi gw ga bisa menikmati film dengan baik. Sejauh yang gw perhatiin, wartawan2 lain sibuk bikin notes selama film berlangsung. Gelap, gw ga liat apa yg mereka tulis, most likely poin2 komentar akan filmnya, supaya ga lupa pas bikin review untuk medianya. Note to self: do it in the next screening! (2) Yang namanya wartawan, apalagi wartawan film, ga bisa bohong soal fakta yang mereka temui. Kalo jokesnya jayus, mereka diem, kalo aksinya boring, mereka ngeluh. Gw pun begitu. Tapi wartawan yang lain sih, rata2 happy viewer, jokes jayus ketawa datar, ngeliat aksi2 amazed juga, tapi kemudian langsung lupa. (3) No quiz after movie. Semua orang langsung keluar. Mungkin trauma karena filmnya jelek. Bubar.


The Adventures of Tintin Review

Statement Steven Spielberg itu ambisius, keliatan banget di film ini. Berusaha keras membuat Tintin penuh aksi dalam level 3D untuk ‘mensejajarkan’ Tintin dengan film2nya yang lain. Hasilnya apa? Ceritanya jadi terkesan terburu2, inti cerita ga dapet, alurnya cepet banget, character building epic fail, dan banyak adegan2 yang ga jelas apa maksudnya.

Satu hal yang gw ga ngerti sama film ini, ini film animasi, sasaran utamanya tentu anak-anak dan remaja. Tapi kalo diperhatiin, banyak adegan yang ga cocok dikonsumsi anak-anak di film ini. Pembunuhan, darah, tembak2an, terlalu ekstrim~ Kalo emang dari awal pengen bikin adegan2 itu, kenapa keukeuh bikin animasi? Kenapa ga orang aja langsung biar standar PG-nya jelas? Jamie Bell, Daniel Craig, Andy Serkis.. such a waste of talents cuma dimanfaatkan suaranya. Well yes i know this movie is mo-caped, but what’s the point if the result is disappointing?

Alurnya cepet, skenarionya ‘penuh’, dalam artian informasi yang disampaikan di setiap adegan banyak banget sehingga kita harus bener2 konsentrasi kalo ga mau ketinggalan cerita. Gw aja, yang udah baca komik dan nonton kartunnya sempet lost, gimana anak2 kecil yang ga tau apa2~ Gw ga yakin mereka bisa ngikutin. Mungkin... Spielberg udah mengantisipasi hal itu dengan bikin adegan2 yang bombastis, jadi walopun anak2 itu ga ngerti ceritanya, at least mereka terhibur dengan aksi2 yang ditampilkan.

Character building: fail. Tintinnya membosankan, ekspresi datar, kecerdasan dan keberanian tokoh Tintin di cerita aslinya ga berhasil di bangun di film ini. Yang ada si Tintin malah terkesan nekat, cerdasnya pun cerdas biasa. Captain Haddock, ini karakter favorit gw di serial Tintin. Animasinya lucu gw akui, tapi karakternya flat, lucunya cuma di permukaan. Makian khasnya ‘10000 thundering typhoons!’ dikit banget ditunjukin. Haddock digambarkan menjadi seorang pemabuk akut, which actually he’s not. Kenapa juga harus jadi pemabuk??? Karakter yang lain so-so.. Cuma kurang greget aja.

Intinya gw kecewa. Ga sesuai ekspektasi. Tapi si Tintin ini kemungkinan dapet Oscar Best Animation, secara lawannya taun ini apa? Rango? Cars 2? Kungfu Panda 2? Puss in The Boots? Dari segi estetika animasi Tintin unggul. Tapi Best Pictures? Haha~ Over Shawn Levy’s dead body!


Bye, guys! 


No comments:

Post a Comment