Saturday, November 5, 2011

Real Steel Review


-prolog-

Gw sibuk banget akhir-akhir ini. Kerjaan kantor mulai menggila dan gw masih dalam kondisi ‘kaget’ untuk menghadapi itu semua. Waktu untuk ngeblog semakin terbatas. Like i said before, gw ga bakalan bisa ngepost sesering dulu. But i will try, really. Kebanyakan waktu kosong gw sekarang gw habiskan untuk tidur, quality time sama keluarga, dan me-time of course. Entah kenapa me-time itu ga termasuk ngeblog karena gw males banget ngeliat komputer lagi setelah 8 jam dalam 5 hari berturut-turut ngeliatin komputer terus. I guess i’m gonna need a new glasses. Waduh berarti rencana pengeluaran semakin banyak aja. Apa kabar masa depan? Liat nanti ajalah~ :p

So tonight i’m gonna make a review about the movie i just watched yesterday.

REAL STEEL



Gw udah craving nonton ini sejak summer. Konon bulan Juli atau Agustus kemarin, Cinemags pernah bikin redline untuk film ini, tapi cuma dikit banget, ga pernah diulas detil sinematografinya kayak film2 blockbuster lain. Gw pun awalnya ga punya niat untuk nonton, karena gw pikir, apa sih Hugh Jackman sok2an main film robot?! Wolverine ya Wolverine aja kali~ you’re trying to be Shia Labeouf or what, meh?

Gw berpendapat kalo seorang aktor kawakan yang udah membawakan satu peran yang vital dan memorable banget, kemudian dia bawain peran lain yang sama porsi vitalnya dalam genre film yang kurang lebih sama juga, it won’t work. Pasti ada bagian yang bikin dia ga total di peran keduanya. Liat Robert Downey pas jadi Sherlock Holmes. Acting bagus, tapi somehow ya ga pas aja. Like someone else could do it betterlah. Kenapa? Karena Robert Downey udah Tony Stark banget. Apa pun yang terjadi dia akan tetep Tony Stark. Jadi kalo Sherlock Holmes yang sekarang terkesan konyol dan cengengesan, ya jangan salahin dia. Salah pihak castingnya kenapa milih dia. The same thing happen sama Hugh Jackman ini.

Terus kata kunci keduanya ‘a robot fight’. Oh please, no more Transformers-alike movie, will ya? Belom selesai dari rehat nonton Transformers terakhir yang praktis bikin penonton (termasuk gw yang dulunya fans berat) kapok untuk nonton film-film sejenis ini lagi, kenapa tiba2 ada film robot lagi?? Siapa sih yang bikin film ini??

Ini pertanyaan kunci.

Siapa sih yang mau bikin film kayak gini??

Udah pake Hugh Jackman,

Tentang pertarungan antar robot,

Ditayangin setelah summer pula~


Do you know this man?

Mungkin ada yang tau, tapi gw yakin ga banyak yang tau.

He is Shawn Levy.

He is, so far, the main reason why i watch Real Steel.

Gw mengidolakan Shawn Levy dari dulu, dari jaman dia bikin Just Married dan Cheaper by The Dozen. Kemasan film comedy yang dia buat selalu bagus dan misalnya ada film komedinya dia dibuat sekuel tapi sutradaranya bukan dia, pasti hasilnya jelek. Liat Cheaper by The Dozen ke-2, ga sedalem yang pertama. Liat Pink Panther yang ke-2, jayus, krik-krik, maksa total. Tapi Night at The Museum? Yang pertama oke, yang kedua makin oke. 

Begitu gw tau Real Steel yang bikin Shawn Levy, gw percaya ini pasti bagus. Dengan Steven Spielberg sebagai executive producer, film ini udah pasti punya jaminan mutu. Shawn Levy sangat hati-hati merhatiin semua detil yang menunjang kualitas suatu film. Terlebih kepada plot dan kesinambungan scene. Yang penting penonton ga bosenlah, dan pastinya terhibur. Unsur komedi dan jokes yang ditampilkan juga ga main-main. Beneran jokes yang genuinely funny gitu lho! Nggak yang nyindir sinis ga jelas. Bener-bener ada spirit lucunyalah di setiap jokesnya. Dan itu terjaga dengan baik sampai akhir film. 




Real Steel adalah debut pertama Shawn untuk film non-comedy. Dia sama sekali ga punya track record bikin film blockbustery action drama kayak gini. Well, he did make Night at The Museums (all of them), tapi toh itu jatohnya film komedi juga. Terus kenapa dia berani ambil resiko bikin Real Steel?

Because Real Steel is more than just a robot fight. Hugh Jackman is more than just a fighter. Dan kalo Real Steel ditayangin pas summer, it would punch Michael Bay real fuckin’ hard in the face! :D

Below is why:

Excellent settings.
Mengambil setting di tahun 2020. Whoa! Dari sini aja udah keliatan Shawn Levy berani ambil resiko ‘creating the world in 10 years ahead’. Banyak sutradara bikin film soal masa depan, jatohnya crap dan malah unreal. Real Steel sama sekali ga keliatan bersetting tahun 2020 karena perilaku orang-orang masih sama, gaya berpakaian masih sama, kebiasaan masih sama. Tapi apa yang ngebedain? Justru disini poin pentingnya. Real Steel ngasih liat kalo di taun 2020 nanti, orang-orang ga harus berkorban terlalu banyak untuk bisa dapet sedikit pleasure.
Real Steel ngasih contoh kehidupan penggemar olah raga tinju. 10 taun lagi orang2 yang suka nonton tinju ga usah lagi menikmati sensasi 2 manusia saling pukul di ring tinju. Sebagai gantinya, mereka bikin robot untuk bertarung. Para robot petinju ini diperlakukan bagai manusia. Mereka dikasih fasilitas, mereka di-upgrade, mereka ditangani publicist luar biasa, mereka punya privilege. Sensasi yang sama, tapi less dehumanitation-lah.
That’s it! Shawn Levy’s version of future scheme is that simple! Futuristic, tapi retro! Ga perlu banyak merubah kondisi yang sekarang, tapi nilai-nilai peningkatan peradabannya terlihat. Penonton ga harus cape2 menempatkan diri sebagai ‘calon manusia masa depan’ untuk bisa menikmati film, cukup jadi diri sendiri aja.

Integrated plot.
Ini bahasa gw. Gw kurang tau tepatnya gimana harus membahasakannya, tapi gw suka film yang alurnya rapi dan terintegrasi, dua hal yang failed dilakukan Michael Bay pada Transformers. Oh ya sorry kalo gw banyak bandingin film ini sama Transformers karena proximity mereka deket banget. Ibarat main Quidditch, Transformers itu Chaser, harus berusaha keras rebut bola terus-terusan, tapi skornya dikit. Nah, Real Steel itu seeker, ga perlu usaha besar, tapi bisa langsung dapet skor paling besar.
Anyway, ya, menurut gw alurnya Real Steel rapih, apik, ga meninggalkan pertanyaan yang gantung di setiap pergantian scene, kesinambungan tiap scene terjaga dengan baik. Dua hal yang ditekankan di film ini: pertarungan robot dan hubungan ayah anak. Porsi keduanya seimbang dan saling melengkapi. Twist-nya pun menarik. Siapa yang sangka Farra Lemkova mau beli Atom? dan Max Kenton secara luar biasa ambil alih microphone untuk nantangin Zeus langsung? Dahsyat. 

Re-quoting.
Again, ini bahasa gw. Gw suka tipikal dialog yang udah diomongin di awal, terus diomongin lagi di akhir. Quote-quote yang seperti ini bagus banget buat menjaga keseimbangan alur, dan untuk membuat kesimpulan juga. Gw tadinya mau kasih contoh re-quoting itu sendiri, tapi di IMDb quote Real Steel belom banyak, dan gw agak2 lupa juga gimana dialognya, jadi gw ga bisa ngasih contoh. Later on, kalo gue udah nonton lagi, gw catet quote nya dan taro disini. Okay? :) FYI, ini re-quoting ini tipikal Shawn Levy banget! :)

Dakota Goyo.


your secret's safe with me :)

Cool kid. Great acting. Beautiful chemistry with Hugh Jackman. Enough said. Too early untuk bilang dia 'Hollywood Next Big Thing'. Masih harus banyak belajar ya, Nak! Ambil peran jadi psikopat aja, ngetopnya cepet deh tuh! :D 
FYI, memilih anak yang tepat untuk bermain di filmnya adalah keunggulan Shawn Levy juga. Liat aja Cheaper by The Dozen! Ga ada yang failed satu pun karakter anak-anaknya disitu.

Soundtracks.
Tipikal sutradara muda, ga takut pake musik2 terkini untuk soundtracknya. Eminem, Foo Fighters, Timbaland, Beastie Boys, 50 Cent, etc.. Yaa.. walaupun ada poin yang missed disini. I mean, di taun 2020 toh lagu2 mereka ga akan diputer lagi. Akan lebih bijaksana kalo Shawn memilih lagu-lagu yang masih upcoming, atau belom rilis, or maybe try a bit harder to write original movie score yang ga harus ‘minjem’ karya orang lain.
Hmm.. tapi toh pemilihan soundtrack-nya bagus. Sesuai sama perkembangan alur cerita dan bikin overwhelmed.

Drama.
Ketebak sih dari awal kalo Charlie pasti jadi sayang sama Max. Malah kirain bakal ngembaliin uang si Marvin dan ambil alih hak asuh Max. Tapi ngga tuh, cukup diceritain kalo hubungan Max dan Charlie hanya sebatas duet maut di laga tinju robot, ya well mereka emang jadi saling sayang dan Charlie nemuin cukup banyak kesamaan dirinya dengan Max untuk pada akhirnya mengakui kalo dia bener keturunannya, tapi ga usah diceritainlah. 


i love you, Dad! <3

Alur cerita yang udah segitu apiknya, ending udah bisa diliat ketika Charlie dan Max pelukan setelah Atom menang, ga perlulah penonton dikasih liat adegan klise Charlie merayu2 Debra untuk ngasih hak asuh Max trus ngelamar Bailey dan mereka jadi keluarga bahagia selamanya~ ckck.. terlalu banyak happy ending ntar, ga bagus itu..
Banyak pesan moral juga di drama ini. Beberapa yang bisa gw simpulin: (1) Sebrengsek2 pria, kalau dia punya anak pasti sisi kebapakkan-nya akan muncul di kondisi2 tertentu. (2) sebenci-bencinya anak ke orang tua, deep inside dia tetep haus perhatian dan kasih sayang. (3) Courage and Optimism itu penting, kalo ada hal yang harus dilakukan sebelum kita bertindak, itu adalah percaya bahwa yang kita lakukan itu baik dan benar. (4) Be responsible! Don’t be a loser. (5) Never underestimate even the smallest weakest thing on planet earth. [SUDAH TERBUKTI] More than meets the eye. :)
Shawn Levy selalu berusaha bikin film yang bisa dinikmati semua umur. Dia tau kalo dia highlight di robot, yang nonton paling remaja doang. Tapi kalo dia highlight di drama, wah semua masuk, remaja, anak, dewasa, multigender semua masuk.. Apalagi ini drama keluarga, yang pergi ke bioskop ayah, ibu, anak. Dari segi bisnis jelas lebih menguntungkan karena semua segmen usia bisa. Shawn pun udah berpengalaman sekali bikin drama komedi bertema keluarga. Gw yakin ga perlu usaha besar buat Shawn untuk menumbuhkan chemistry antara Hugh Jackman dan Dakota Goyo. Piece of cake.

The Robots
Heran. Gw ngeliat Megatron yang setinggi skycrapper New York ngga takut, tapi ngeliat Zeus yang tingginya palingan 3 meter doang takut. Ngeliat Noisy Boy juga takut. Kog bisa ya si Shawn Levy bikin robot yang segitu nyatanya. Bikin penonton ber-wow-ria ngeliat setiap aksinya. Itu robotnya asli apa komputer sih?
Kalo asli, bikinan siapa?
Kalo komputer, jenius tuh yang bikin programnya! Michael Bay aja ga tau ada program kayak gitu~ :P

Oh ya, menurut gw Real Steel harus dapet nominasi Oscar.

Susah sih untuk Best Picture, tapi at least bisa dapet Best Screenplay atau Best Music Score. Eh nggak deng, yang kedua biasanya dapetnya di MTV Movie Award. Tapi Dakota Goyo boleh juga tuh dapet nominasi Supporting Actor. Walaupun agak susah untuk Hugh Jackman dapet Best Actor. Shawn Levy Insya Allah masuk nominasi Best Director. Tapi kalo saingannya Rupert Wyatt (Rise of the Planet of the Apes), wah itu bakal susah buat gw milih mana yang lebih layak. Hehehe~

Oh well, Oscar kadang2 suka aneh though. Best hope goes to Golden Globe, soalnya yang milih asosiasi pers.

Okay, that’s my reviews. What do you think? Kalo ada yang setuju/ga setuju boleh dikomentarin. Free, lho!

Ah pokoknya gw sukalah. Ada rencana mau nonton lagi nih, ada yang mau nonton? Ikut dong~ :p
 

4 comments: