Saturday, May 14, 2011

Perjalanan Si Jakarta Dalam Lima


Prolog: 
Postingan ini telat. Harusnya gw post sesaat setelah gw ngumpulin TKA. Kalo dibaca sekarang mungkin agak basi. Tapi kalo dipikir-pikir sayang juga kalo dibuang, mengingat gw sudah mengetik 1000 kata lebih. Jadi ya.. di-post aja. Kalo ga mau baca ga apa-apa kog. Coz it’s simply a long boring naration about how i finished that nastily-exhausting-bachelor-test.


Hai! Apa kabar? :D

I’m in a very good mood today, have been like that since Monday afternoon due to the finally submitted final project! Hohohoho!

Yes, Senin 25 April 2011 kemarin, gw sudah mengumpulkan TKA gw yang berjudul Proposal Pembuatan Video Blog Jakarta in 5. Fiuh..... finally.....

Setelah malemnya ber-stress-ria ngurusin printilan-printilan gak penting (padahal penting), pake acara galau n dilematis segala, terus udah pesimis juga takut target ngumpulinnya mundur lagi, akhirnya...... ya gitu deh. Hahaha.

Lega banget, pastinya. Walaupun cuma lega sesaat karena masih harus menempuh satu ujian lagi sebelom bener-bener jadi Sarjana Sosial.

Well anyway, sekarang gw pengen ceritain perjalanan si TKA gw itu dari awal dapet ide sampe kemaren dikumpulin. Kayanya postingannya bakal panjang, jadi gw ga menyarankan untuk melanjutkan baca kalo lo masih sibuk ngurusin TKA dan skripsi, hehehe. Apalah artinya membaca postingan gw kalo 10 menit waktu lo bisa lo pake untuk ngurusin dua tugas nista itu...

So yeah, no need to make it any longer, so just.. begin.


The Idea

Jujur gw sudah mencemaskan TKA gw bakalan gimana itu dari sejak semester 6, karena waktu itu gw punya target untuk lulus 3,5 taun. Jadi semester itu gw udah mulai nyari2 topik tentang apakah TKA gw nantinya. Cuma 2 hal yang terpikir waktu itu untuk dijadiin topik TKA: film dan jalan-jalan. Pfft... seems so trivial, eh? Di saat semua dosen jurnalisme mengharapkan mahasiswa bikin karya yang berat2, serius2 kaya ekonomi, politik, hankam, sosial, bla bla bla.. gw cuma punya passion di film sama jalan-jalan. Yah.. well.. gw cuma memikirkan topik apa yang bisa gw kerjain sepenuh hati kog, bukan paksaan sana sini.

Antara film dan jalan-jalan, gw ga ngerti juga kenapa gw lebih milih jalan-jalan.. apa karena waktu itu gw lagi semangat2nya jalan2 sana sini ya? Ya Medan-lah, Singapore-lah... ya well.. maybe seperti itu.

Terussss... sebagai warga negara yang baik, tentunya gw pengen angkat jalan2 di Indonesia dong! Oh well gw boong, alesan sebenarnya sih karena ga ada biaya aja kalo mau eksekusi di luar negri. :P

Tapi terus mikir juga, emang kalo eksekusi di Indonesia, ada biaya? Huahahahahahahahahaha.

Yaudah deh, Jakarta aja. Hihihihi

FYI, dulu tuh di mindset gw kalo eksekusi TKA ya brarti harus shooting beneran, kita yang langsung turun ke lapangan, bawa kru, peralatan, dll.. Belakangan gw baru tau kalo yang diminta cuma prototype dan videonya BOLEH minta ke orang lain atau ambil dari YouTube!!! Grrrr... tau gitu kan.....


The Media

Sejak menyadari kalo gw kuliah jurnalisme siar, nasib TKA gw ya cuma dua: bikin program radio atau TV. *sigh* Call me nuts, whatever, tapi gw beneran ga melihat prospektif bikin acara radio atau TV. Bukannya gimana ya, lo tau kan acara-acara TV di Indonesia kaya gimana~ rating minded cyin.. mau acara lo laku? Nurut sama rating! Bikin yang dramatis, nangis2an, atau bikin yang konyol, pembenaran atas semua stereotype, nomerdua-in pendidikan! Yang penting acara lo laku aja! Gw langsung blacklist TV buat TKA gw.

Sedangkan untuk radio... sayang sekali waktu gw ngumpulin outline TKA, gw belom ikut matakuliah Produksi Berita Radio. Padahal matakuliah itu berperan besar membuka wawasan gw tentang perkembangan radio Indonesia, which is masih prospektif lho! Dan konten program-program radio ternyata ga cuma berita sama musik doang! Dari dulu gw terdikte fungsi radio cuma 2: dengerin musik sama dengerin berita kalo lagi di mobil! Jadi dalam pikiran gw, yang namanya konten radio itu kakuuu... banget!

Gw bahkan baru tau belakangan kalo di radio ada yang namanya Air Magazine, yang cara pengemasannya kaya majalah! Isinya non-berita, yang penting informasi! Salah satu tugas Produksi Berita Radio kemaren disuruh bikin Air Magazine, and i can tell, itu satu-satunya tugas yang gw kerjain sepenuh hati selama semester 7! Gw bikinnya semangat, karena semua concepting, eksekusi, liputan, editing, music directoring, semua hasil pemikiran gw sendiri! Lebih seneng lagi karena hasilnya maksimal dan nilainya juga! Lumayanlah menyelamatkan IP gw semester lalu.

Andai saja... andaikan saja... waktu bisa diulang satu semester aja... gw mungkin pilih radio sebagai media TKA gw, dan menjadi satu2nya #jurnal07 yang menggunakan radio sebagai media TKA.. Ngebayangin semua privilege yang ga pernah kesampean itu... lumayan bikin nyesel.

Akhirnya, gw mencoba peruntungan untuk memakai media yang masih sangat beresiko di Indonesia: internet. Ini beneran karena gw bener-bener ga bisa membayangkan gimana diri gw membuat program TV atau radio.


The Journey

September 2010 : Ngumpulin Outline

Oktober 2010 : Dapet pembimbing

November 2010 : Sok-sok-an bimbingan

Desember 2010 : totally menghiraukan TKA

See? Gw bener2 ga ngerjain TKA sepenuh hati di taun 2010

Januari 2011 : Settle target! Mulai pusingin bab 1. Beberapa kali mencoba ke MBRC buat baca+minjem buku, malah end up moto2in halaman yang dianggap penting di beberapa buku. I totally can’t read books!!! Mulai mengarang Bab 1 dengan modal kemampuan menulis feature. Kalo mandek ga dapet inspirasi bab 1, mulai ngerjain bab laen dikit. Bulan ini kayanya udah selesai bab 2 (yaiyalah cuman 2 lembar)~~ Juga ngomongin konsep bumper sama Dechu. Tak lupa wawancara Mbak Trinity biar dapet inspirasi menulis.

Februari 2011 : Lebih disibukkan oleh kepentingan acara paling akbar komunikasi 2007. TKA jadi urusan nomer 2. Tapi gw manage untuk eksekusi Kota Tua by the end of February. Hihihihi. Aneh juga ya, bab 3 belom selesai, masa udah eksekusi... one thing for sure bulan ini gw udah selesai riset khalayak dan bab 4. Bumper dari Dechu udah jadi (kewl banget lho!)

Maret 2011 : Deadline target ngumpulin TKA, tapi bab 3 dan bab 5 belom selesai. Baru direvisi dan banyak yang salah. Memusingkan masalah pajak juga di bab 5. Masih harus eksekusi 2 video lagi, tapi ribet ngurusin pekoman~ argh! Mulai desperate, panik, galau. Akhirnya mencoba mengarang sebisa mungkin di bab 3, ngeluarin ide2 yang awalnya dianggap ga mungkin. Liat gimana nanti aja eksekusinya gimana, yang penting idenya harus hebat, bombastis, fantastis, erotis!

April 2011: Akhirnya semua selesai, kirim ke pembimbing langsung minta koreksi secepatnya. Shooting 2 video kejar tayang. Langsung edit di rumah Nanien, selesai ngedit langsung pulang n revisi. Dealing with another shits: formating! Sebisa mungkin ngakalin format TKA biar sesuai sama SK Rektor. Tadinya mau minta ajarin beberapa pihak but they seems hopeless, jadi semua gw kerjain sendiri. Setelah yakin, langsung kirim ke email Mama biar di-print di kantornya. Abis kalo ngeprint sendiri di Kober = mahal, mau pake printer di rumah sayang tintanya 250rb sendiri, yaudah ngeprint di Mindshare aja. Ahahahaha. By the end of April, it was submitted, finally.

Alhamdulillah featuring Haleluyah!

No comments:

Post a Comment