Saturday, August 20, 2011

Menaklukan Pottermore



Postingan telat, telat, dan telat.

Ini sebenernya ga penting sih, penting buat yang potterholic macem gw, cuma mau share aja pengalaman registrasi ke Pottermore kemaren.



For those who don’t know, Pottermore yang dijadwalkan akan rilis bulan Oktober itu seminggu yang lalu mengumumkan adanya early access, which means sebelom Oktober kita udah bisa liat Pottermore. Tapiii... early access ini terbatas, dan cuma buat orang2 yang beruntung, kenapa? Karena cara dapetinnya cukup tricky dan sneaky!

1. Solve the clue
2. Find the Magical Quill
3. Sign up/register

Pertama kita harus solve the clue dulu di pottermore.com, clue-nya setiap hari beda2, hari pertama, clue-nya seputar Harry Potter 1, hari kedua seputar Harry Potter 2, dan begitu seterusnya sampai hari ke-7.

Brengseknya, clue-nya ini muncul di waktu yang beda2 tiap harinya. Padahal di terms and conditions yang gw baca, clue akan muncul setiap jam 9 AM BST (British Summer Time). Googling sana googling sini, nanya sana nanya sini, gw jadi tau kalo perbedaan waktu Indonesia dan Inggris itu 6 jam. Indonesia lebih cepet. Jadi kalo Inggris jam 9 pagi, kita jam 3 sore.

Karena gw juga taunya telat, gw baru ikut ‘battle’ ini di hari ke-3, pas clue-nya seputar Prisoner of Azkaban. Ga mau setengah2, gw sampe baca ulang PoA. Eh pas gw pantengin pottermore.com jam 3 sore, lah kog clue-nya ga muncul2?!

Wah ada yang ga beres nih, kalo udah kaya gini biasanya gw langsung nyalahin Om Speedy. Ah kampret nih pasti si Speedy ga kuat buka web kelas tinggi gini, jadi clue-nya ga kluar2. Cukup masuk akal toh kalo gw nyalahin Speedy? Buka YouTube aja harus buffering, apalagi buka web maha canggih keluaran Sony...

Jadi gw give up hari ke-3, dan bertekad untuk berjuang di hari ke-4.

Besoknya, udah stand by di depan komputer dari jam 12 siang, bener2 ga mau ketinggalan, apalagi gw udah berasa expert soal Goblet of Fire, jadi harus bisa hari ini, HARUS! Jam 1.. Jam 2.. Jam 3.. Lho kog tulisan di Pottermore masih sama aja~

“Sorry, Day 4 registration has closed”

Mampuslah~

Ini kayanya bukan salah Om Speedy deh~

Ini kayaknya ada sesuatu yang gw ga tau nih.

Frustasi, akhirnya gw memutuskan untuk mencari informasi lebih lengkap tentang Pottermore, dimulai dari ngefollow Twitter @pottermore, which is lately gw menyadari bahwa seharusnya hal itu gw lakukan dari dulu karena @pottermore ngasih kita lebih dari sekerdar update tapi juga strategi!

@pottermore sering ngasih link ke blog mereka, http://insider.pottermore.com/, dimana di blog itu kita bisa liat updates, infos, FAQs, timings, dll.

I was like.... kemana aja lo, Ta?! kenapa baru sekarang gw follow?!

Terus ya udah deh, abis baca blognya, gw jadi tau kapan2 aja timing clue-nya keluar. By the time gw ngincer clue yang day 5, mereka bilang clue-nya keluar between 4.30-8 PM BST, which means jam setengah 11 malem sampe jam 2 pagi.

Mampuslah~ begadang deh, bisa ga tidur sampe sahur ini mah.

Jam stengah 11 teng, belom keluar2 juga, padahal mata gw udah sayep banget, yaudah ditungguinlah. Setengah jam kemudian, masih ga keluar juga, damn it! Nyerah deh gw~ gw tinggal tidur tapi pasang alarm jam 1, mudah2an udah keluar clue-nya jam segitu.

Sebelom tidur gw baru inget kalo sekarang udah Day 5, which means soalnya clue-nya akan berhubungan sama Order of Phoenix, yang mana adalah seri Harry Potter yang paaaaling jarang gw baca, sekaligus ceritanya paling ga gw suka. Duh gimana nih, ga mungkin juga baca ulang Order of Phoenix dalam waktu kurang dari dua jam~

Oke tenang, ada Google, ada Harry Potter wiki, bisa nanya Apri, bisa nanya Twitter, dll, pasti bisa!

Yo weis gw tinggal tidur aja.

Jam 1, gw bangun, nyalain laptop, buka pottermore.com dan... voila! Cluenya udah ada! 

HOORAY!

Pertanyaan cluenya adalah............................

What is the house number of the Headquarters for the Order of the Phoenix in Grimmauld Place?

Jiiiaaaaaaahhhhhh~~~     

Udah panik takut ditanya yang susah2, eh pertanyaannya becanda banget~

Ga usah mikir itu mah.. tinggal inget tanggal ulang taun gw aja, hihihi.

12.

Trus katanya disuruh dikali 21.

252.


Done.

Kita diarahin ke websitenya Scholastic Press (penerbit Harry Potter di Amerika). Di web itu, ada banyak atribut2 Potter kayak games, quiz, promosi buku, advertisement, dll. But hey, Magical Quill-nya mana?!

Ini bener ga sih disuruh nyari Magical Quill disini?

Gw telusuri webnya. Nemu games, apa gw disuruh maenin games-nya dulu ya? Nemu buku2 Scholastic, apa gw disuruh beli bukunya dulu ya? Nemu quiz, apa gw disuruh ikutan quiz dulu ya? Ini sebenernya disuruh apa sih?! Find the Magical Quill kan?! Tapi manahhhh??!!!!!!!

Frustasi, gw ngerasa kayak Muggle banget, ga punya ‘intelegensi’ penyihir, berasa sebenernya jawabannya udah di depan mata, tapi karena Muggle jadi ga bisa liat, dooooooohhhh!!! Gw fans-nya Harry Potter kog!! Beneran!!!

Gw desperate, gw Google, masukin kata kunci: WHERE THE HELL IS THAT BLOODY MAGICAL QUILL IN SCHOLASTIC DAMN WEB?!

Yes, pake capslock!

Eh hasil search-nya ternyata banyak. Gw buka salah satu which is adalah blog orang, doi bilang, Magical Quill di web Scholastic ada di Advertisement kecil di bagian atas web!

HOLYCR*P!

Balik lagi ke Scholastic!

Eh iya bener!

Ada space kecil di bagian2 atas2 Web yang dari awal ga gw notice, dan disitu banyak banget pena bulu yang bergerak2. Magical Quill tentu saja paling keliatan sendiri karena paling terang sendiri. Damn it!! Sooo.... sneaky!!!

Langsung klik Magical Quill and... voila! Langsung direct ke registration page-nya Pottermore.

Hamdallah!

Daftarnya gampang banget! Cuma ngisi data doang~




Yang seru adalah ketika kita disuruh milih salah satu username untuk jadi username kita. Eh pas dikasih username-nya, pilihannya jelek2:



Jiah apaan dong nih, ga ada gitu BellatrixHeir atau SexyDeathEater atau snitch_12land gitu biar matching sama email gw.. Oh well, akhirnya pilihan gw jatuh kepada CauldronHolly145, dengan pertimbangan Cauldron = kuali, benda penyihir banget, Holly = kayu Holly, kayu tongkat sihirnya Harry Potter, 145 itu mirip2 tanggal ulang taun gw 125, jadi yeah, CauldronHolly145 it is.

Abis itu tinggal verifikasi emailnya, dan voila!



Pottermore, kutunggu dudamu secepatnya ya.. I hope Pottermore comes around Lebaran, you know, i need some more doze of happiness after being exploited all day as a house maid.. :p

See you, Magical World!

and thank you so much Queen Rowling The Great!

PS: Kog deep inside gw ngerasa gw udah tau ya apaan aja yang bakal dibahas di Pottermore, kan gw udah S. HP (Sarjana Harry Potter) hihihi~


No comments:

Post a Comment