Monday, August 15, 2011

Not Good


Aaaargh!

Being unemployment is definitely not a good thing for me~

Yep, dampak pengangguran semakin berasa buat gw. Salah satunya adalah semakin ga ada inspirasi untuk nulis blog, blog gw udah gw telantarkan sampe ga terurus. Yang gw maksud dengan telantarkan disini bukannya ga ngepost sama sekali, gw emang masih ngepost seminggu sekali, tapi isi postingannya itu lho, ga ada yang penting~~

Ck~

Seharusnya sekarang gw lagi seneng, karena sejak hari sabtu kemaren dan mungkin sampe 4-5 hari ke depan, gw ga usah puasa! *Hore!* Which means gw ga usah bangun jam 3 pagi buat sahur, dan ga usah buru2 tidur kalo malem, dan yang paling penting: ga usah menderita kelaparan dan kehausan sepanjang hari! Gw juga diperbolehkan marah-marah, maki-maki, nonton film anuan, dll~

Oh yeah, gw kebetulan suka ga puasa, bukan berarti gw atheis, gw cuma bosen puasa, seriously. Beberapa temen gw udah pernah gw kasih tau tentang kenyataan ini dan reaksi mereka semua sama: “Ah parah lo, Ta!” “Dosa lo!” “Ngga menghargai agama!” “DLL yang semacamnya”. Ck~

You guys just don’t understand.

Ada saat2 gw merasa suka bulan Ramadhan tapi entah kenapa semakin kesini gw semakin ngerasa ga ada esensinya bulan Ramadhan itu. Orang bilang kita puasa supaya ikut merasakan apa yang dirasakan orang2 yang ga bisa makan, orang2 susah, dll. Pertanyaan gw: kenapa sikap itu harus dilaksanakan saat bulan puasa? Bulan2 laen ngapain aja?

Terus gw bosen, tiap taun tradisinya itu2 mulu~ Lebay, orang ‘dipaksa’ puasa buat menanti2 saat buka puasa, lha gimana? Itu sih sama aja dong kaya hari2 biasa, laper banget ya makan. Gitu kan? Anak sekolah nunggu liburnya, orang kerja nunggu THRnya, terus nilai puasanya dimana? Hari kemenangan? Siapa yang menang? Siapa juga yang kalah~

Orang2 suka bikin makna puasa sendiri, ada yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk ngga makan buat diet, ada juga alesannya buat ajang reuni supaya bisa ketemu temen2 lama buka puasa bareng, aneh2 deh~

Gw benci tayangan media selama bulan puasa, semua seragam. Yang pada bikin iklan, sinetron, program TV, dll itu pada mikir ga sih perasaannya orang agama laen yang mau ga mau harus liat tayangan kaya gitu tiap hari?! Itu kayak ngambil paksa hak mereka gitu lho. Terus kalo bulan puasa semua kerjaan, sekolah, dan kegiatan2 lain jam kerjanya dikurangin, emang ga bakalan bawa dampak buruk ya? Ritme kerjanya kan jadi lambat~

Terus-terusan kaya gitu, dari taun ke taun.

Bosen gw sumpah!

Terus lebaran,

dari mulai hal sepele: makan ketupat.

Buat apa?!!!

Kenapa harus ketupat?!

Bosen gilak!!!

Kenapa ngga sushi untuk lebaran? Kenapa ga babi untuk lebaran?

Silahturahmi maaf2an, kenapa harus pas lebaran?!! Kenapa ga abis melakukan kesalahan langsung minta maaf?! Kenapa harus pas lebaran minta maafnya?!

Gw benci tradisi keliling2 komplek silahturahmi sama tetangga, ebuset dalam setaun aja gw selalu menghindari berinteraksi sama tetangga, lha ini disuruh minta maaf~

Banyak hal tentang Ramadhan yang ga sesuai sama pemikiran gw, no offense, gw tau pemikiran gw salah, tapi yaa.. ga segampang itu juga gw bisa nerima pemikiran yang (katanya) benar~

Sekali2 gw pengen banget nyobain puasa+lebaran di luar negri, di negara yang Islamnya minoritas, ga usah jauh2, Singapore-lah contohnya. Waktu itu gw pernah nanya sama Bone, kalo di Singapore pas bulan puasa gimana, Bone bilang: biasa aja, ga ada heboh2nya. Bone aja ga tau kalo ada temennya yang puasa.

Nah kaya gitu yang gw mau, fasting like nobody care! Justru tantangannya akan lebih besar kan? Semua orang makan di depan muka lo, disitu lo baru bener2 bisa ngambil tempat anak2 jalanan yang mupeng di depan McDonald, disitu baru esensinya puasa.

Disini semua orang puasa, semua orang ga makan, susahnya bareng2~ yaelah~ apanya juga yang susah, toh pada pesta pora pas buka puasa, makan di atas batas normal sampe kekenyangan, ujung2nya apa? Ga pada taraweh malah tidur~

Kalo ada yang ga puasa makan di depannya, diteriakin, dibilang ga menghargai yang puasa, gini deh, yang puasa sendiri menghargai yang ga puasa ga?! Kantin, restoran pada ditutupin biar ga keliatan, lo pikir yang di dalem apaan harus ditutupin gitu, lagian itu sama aja mengdehumanisasi yang puasa, emang kita binatang yang ga punya otak apa langsung nyelonong masuk restoran kalo ngeliat orang makan?!

Ga ada yang bener deh~

Sebel gw sama tradisi ini~

See? Ga penting kan omongan gw?

What?

Too harsh?

Harap maklum, gw lagi ga puasa.


No comments:

Post a Comment