Wednesday, June 8, 2011

Postingan Yang Tertukar- eh, Tertunda


Baru buka2 my documents buat ngapus2in file ga penting paska TKA selesai, eh nemu file yang berisi ‘calon’ postingan yang harusnya di-post ratusan taun yang lalu. Saat TKA masih berupa debu dan anak-anak Kom 07 masih belum pada galau di Twitter. Mereka menyebutnya: jaman Pekom. 

Well, 2000 kata sudah diketik, sayang banget kalo klik kanan-delete. So yeah, di-post aja deh. Mudah2an menghibur teman2 sekalian yang jelas banget lagi butuh hiburan menjelang Deadline Pengumpulan Skripsi/TKA di hari Senin mendatang. Mudah2an ini jadi hiburan, bukan distraksi. 

Ps: maap kalo font-nya ganggu. :P


Can’t Thank You Enough, Jurnalista! 

Terinspirasi dari pengalaman pribadi, hehe, jadi pengen ngomongin jurnalista nih, mumpung angle-nya lagi dapet nih: @pekom2011.

Sebenernya tujuan postingan ini ada dua, buat ngucapin terima kasih satu per satu dan sedikit evaluasi kinerja jurnalista selama acara yang ga sempet gw bilang waktu evaluasi. Sorry guys, gw udah pusing banget kemaren, tenaga terakhir gw udah gw pake buat berusaha tersenyum senormal mungkin waktu kita foto2..

That’s why gw putuskan untuk menulis di blog ini aja yg kemaren missed, toh gw kalo di-blog bisa ngomong lebih blak-blakan. Kan selama ini gw mungkin adalah orang yang paling gencar menggalakkan transparansi dalam suatu organisasi, jadi biarlah jangan ada dusta di antara kita. :D

Hmm.. where do i start?

Mungkin dari awalnya kenapa gw bisa jadi koordinator acara jurnal kali ya.

Hmm..

So around October last year, Resti, Ayu, Bebek, Jaja, dan siapa lagi gw lupa, meminta gw untuk menggantikan jabatan Rikha jadi koor acara jurnal (Yournalism) di Pekan Komunikasi 2011, and i was like “are you effin kidding me?” But no, they were pretty serious. Gw tau karena pada masa itu keadaan Yournalism juga lagi krisis kepemimpinan, cukup mengkhawatirkan sebenernya, jadi ya gw kasian juga.

Tapi gw ngebayangin ngurusin acara lagi itu bakalan HELL banget. Setelah Prasar, SAR, Komnite, dan acara Komunikasi lain, gw udah ngerasa enough banget jadi EO! Fuck gw ga suka bangetnget kerjaan EO. Menurut gw EO itu kerjaannya cuma dua: nyusahin diri sendiri dan nyusahin orang lain! Terus sekarang gw dikasih tanggungjawab jadi EO lagi, mau dibawa kemanaaaaa?????

Gw lupa persisnya apa yang membuat gw setuju pada akhirnya. Salah satu pertimbangan selain kasian adalah biar gw ada kerjaan dikit semester depan pastinya, jadi ga nganggur2 amat gitu. Terus Ayu dan Resti juga pada awalnya berjanji pada gw kalo jabatan ini akan ditanggung bertiga, in condition kalo ada satu nama yang disebut jadi ketua, itu nama gw. Jadi gw ngerasa ga bakalan berat2 amat dong kerjaannya, wong bertiga. So, yes, i did say okay.

But it was a bad bad decision.

Bukan setuju-nya gw jadi ketua, tapi setuju-nya gw jadi ketua bertiga sama Resti dan Ayu. Kenapa? Karena semakin kesini, kog gw ngerasa kerjaan gw lebih banyak dari kerjaan Resti dan Ayu ya? Ada saat2 gw ngerasa ga adil: saat2 dimana gw di-Tuhan-kan saat pengambilan keputusan, perencanaan sesuatu, persetujuan sesuatu. Atau pada saat gw disalahkan atas segala sesuatu yang tiba2 terjadi atau sesuatu yang salah. Seriously, ada saat2 gw ngerasa rempong, mereka ga rempong; saat gw sekarat, mereka ga sekarat. Some shits yang belakangan gw sadari adalah tanggungjawab ketua tunggal!

Gw bingung dong, dulu kan kesepakatannya ga gini.. tanggungjawab gw ga sebesar ini, tapi kenapa begini???

Tapi anehnya, stinky situation seperti ini gw ‘ladenin’ aja. Mungkin terdengar aneh, tapi ketika gw di satu pihak merasa rempong dan sekarat, di pihak lain gw merasa gw bisa ngatasin itu sendiri, dan gw ternyata emang bisa! Gw ngerasa ide2 gw banyak banget yang kepake buat Yournalism dan semua terealisasikan. And i can’t help but thinking.. wew, i think i’d just made achievement, lots of achievement.

Jadilah gw melakukan kecenderungan ketua PR Vaganza: take control everything by myself. Yes, i really did that. Mungkin ada saat2 sirklus pertukaran informasi dalam kepanitian Yournalism vakum, ga ada kabarnya, ga ada rush-nya, tapi di saat-saat itu, gw ga vakum. Gw kontrol semuanya semampu gw, terutama untuk lomba karena waktu itu banyak banget miskonsepsi tentang lomba. Satu per satu gw konsep ulang lomba, gw rekrut orang2 terbaik yang gw percaya bisa meng-handle lomba, gw adain rapat, brainstorming, dll.. and Voila! Tau2 udah beres aja.. Padahal gw ga pake BB lho.. hihihi

Dan itu ga cuma berlaku untuk lomba, tapi juga seminar dan workshop. I can’t help but thinking one for all, all for one. Misalnya gw SMS Iif nanyain perkembangan lomba, di saat yg bersamaan gw juga SMS Resti nanya perkembangan seminar. Gw bisa dapet 2 update di waktu yang bersamaan. Kelegaan atau ketegangan ganda! Di saat lain Resti SMS nanya seminar, terus Iif nanya lomba, Bebek juga, Vanie juga nanya workshop, stressful pastinya, tapi toh SMS-SMS itu gw jawab, sesampah apapun itu, sampai akhirnya gw terbiasa sehingga gw butuh kejelasan!

Who am i axactly?

Just a pal whose name written on chief-position, or just a pal to answer all you question, or just a pal to ask for opinion, or just a pal who decide everything, or just a pal you come to when you’re in crisis?

Meh!

I think i'm your Boss, bitches!

Lo sadar ga sih gw jadi a lil bit more bossy sejak sekitar bulan Januari? Jadi lebih nyebelin, lebih galak, rese, sok kuasa, dsb.. Even i hated myself at that times..

Gw sengaja kaya gitu, jujur aja, cuma untuk mempertegas jabatan gw, karena ga mungkin dong gw gembar gembor proclaim kalo gw ketuanya, bisa dicacimaki gw.. nggaklah, gw pake pendekatan implisit pastinya. Tapi itu juga kan supaya acaranya berlangsung lancar dan sukses. Gw berusaha men-trigger semua anak jurnal untuk menumbuhkan sense of belonging, ga cuma acara jurnal, tapi juga the whole Pekom, which is yang terakhir kurang berhasil. Haahaha

Jujur guys, gw ngerasa lo mati2an semua di Yournalism, dan gw amat bangga karenanya, tapi sense of belonging lo 0 (nol) besar sama Pekom secara keseluruhan, huahahahaha. I don’t blame you really, coz i do it sometimes too, :P What can i say? We are the exclusive bad-ass #jurnal07! Huahahahaha

Oke enough about me, let’s talk about you! Yes you! Gw akan me-review masing2 dari kalian, ya ga mungkin semua sih, cuma yang punya peran sentral aja, semoga kalian ga keberatan gw review disini ya.

Resti. Kandidat utama ketua Yournalism yang dipilih langsung sama Mr Rana. Konon Resti menolak karena ‘takut’ beban ketua yang terlalu besar kesannya bakalan depressif [padahal enak tau jadi ketua tinggal nyuruh2 doang, hihihi]. Kemudian dia gw percayakan untuk mengurus seminar Yournalism saja and she did a really great job i think. Bisa dapet Pandji dan Ndorokakung itu pencapaian luar biasa! :D Pernah ada saat2 sebel sama Resti yang kalo gw lagi enak2 tidur disuruh OL YM ngomongin Yournalism, blah.. apalagi lo, Rest? Hahaha. Ooh.. I’m gonna miss your Buzz and Offline message! Selain itu Resti juga jadi penghubung gw sama dunia perBBMan pekom, secara gw kan ga berBB, jadi ga tau deh kalo ada update apa2 di group BBM pekom. Resti senantiasa meng-update gw [terima kasih, Resti!]. Tapi kadang2 update-nya Resti telat trus gw baru tau belakangan. Good things, pas ditagih gw bilang aja gatau, ga salah duong, lha wong nyebar info di BBM, jangan salahkan idealisme gw.. Hihihi. Resti punya kebiasaan ketiduran saat lagi genting2nya ngomongin crisis di YM, kebiasaan yang membahayakan dia sih soalnya pasti gw akan kasih dia pe-er banyak buat besoknya. Haha. Peace Rest! Kebiasaan lainnya adalah mengurusi hal-hal yang bukan ranahnya seperti workshop dan lomba, ini gw masukkan sebagai bagian dari human-error gw sih, nampaknya pendekatan implisit gw ga berhasil buat Resti. Resti kayanya masih kebawa kontrak satu-jabatan-bertiga. Padahal gw kan melakukan ini demi dia juga, supaya kerjaannya ga terlalu banyak dan fokus kerjanya dia lebih terarah.

Ayu. Multitasking. Sangat multitasking. Kemampuan Ayu ga dimiliki anak jurnal lain, atau bahkan anak kom 07 lain. Awalnya gw konsentrasikan Ayu untuk ngurus lomba. Tapi lomba gw udah under-control sekali, akhirnya gw gabungkan aja dia sama soulmate rempongnya, si Resti. Huahahhaha. And they do make a really great duo! Misalnya gw nanya “Rest, ini gimana??” Resti jawab “Udah sama Ayu kog!” Kalo gw tanya Ayu “Ayu, ini gimenong?” Ayu jawab “Udah sama Resti kog!” Fantastic. Gw bisa lanjut tidur! Tapi yang gw ga suka dari Ayu adalah kebiasaannya menanggung segala sesuatu sendirian, sampe kadang gw ga tega karena kerjaannya kebanyakan.. Gw takut ini jadi semacam kebiasaan buat orang2 lain nyuruh2 Ayu.. Padahal kan Ayu punya jurnal..

Iif. Orang yang sejak awal paling gw percaya untuk menghandle lomba feature! Pas gw tau ada lomba feature, yang terbayang di pikiran gw adalah harus Iif yang handle, ga boleh ada yang lain. Iif kerjaannya rapi, sampe gw minder. Selalu memberi gw update apapun dari yang penting sampe ga penting sama sekali. Di saat yang bersamaan bisa jadi temen curhat di kala galau dan stres. :D Iif abis2an buat lomba feature. Salah satu tindakan paling nekat yang ia lakukan demi pekom adalah bertandang ke Bekasi Antah Berantah di suatu senja di hari Minggu, cuma buat ketemu juri lomba yaaang.. ternyata lagi ga ada di rumahnya. Iif sukses membuat gw terlihat cupu di kota tempat tinggal gw sendiri.

Vanie. What can i say about her? She is Expect Expectation! Di luar dugaan Vanie bisa ngehandle workshop dengan sangat teramat excellent sekali. Padahal workshop adalah acara jurnal yang paling bikin gw pesimis. Haha. Gw baru sekali kerja bareng Vanie jadi gw sama sekali ga tau kemampuan dia sejauh apa untuk menangani hal-hal seperti ini. Gw sempet underestimate, mengingat di kelas pun gw jarang2 ngobrol sama Vanie. Gw banyak salah sama Vanie, di saat Vanie lagi depresi2nya karena yg daftar workshop dikit, sebagai ketua gw malah bikin dia makin down dengan berkata “Kalo ga sampe setengah yang daftar, cancel aja!” Huahahahahahahaha.. Maaf Vanie, pasti saat itu aku lagi PMS, atau abis chattingan sama Resti ngomongin honor Pandji, :P Yang paling gw kagumi dari Vanie adalah dia bisa mengorganisir 10 orang kurcaci kom 2010 untuk jadi LO, sendirian! Waktu pasukan kurcaci kom 2010 itu dateng, gw kira gw harus ikutan briefing mereka dong buat jadi LO, secara gw kan yg anak prasar, jadi sempet mikir ini kurcaci harus di briefing a la prasar nih biar lebih namfol, hwehehehe. Tapi nggak tuh, Vanie lancar2 aja ngebrief mereka. Yasuw, gw bisa leha2 lagi.

Nyanya. Wanita penghibur yang minta bayaran gede karena menari striptis buat menghibur Pandji! Huahahahaha.. i’m kidding, tapi itu adalah joke terbaik dari Nyanya selama 4 taun terakhir gw mengenalnya! Multitasking seperti Ayu, tapi Nyanya ini milik pusat. Huahahaha. Jadi gw gabisa macem2 deh. Memegang jabatan kestari pekom membuat ruang gerak Nyanya di Yournalism kurang luwes, padahal dia yang biasa kita andalkan untuk jadi Host, Host, and Host! Mungkin bisa dibilang maskotnya jurnal 07 ya Nyanya. *berharap pujian ini bisa membebaskan gw dari kewajiban mentraktir :P*

Minanti. Kerjanya bagus seiring dengan nyusahinnya juga bagus. Huahahahaha. Tapi kita emang butuh orang2 seperti Minanti untuk Public Relation Yournalism. Secara doi contact person, harus selalu bermanis-manis kalo dihubungin orang. Alhamdulillah Mimin diberkahi kemampuan ngeles yang outstanding, jadi kalo Yournalism lagi crisis, orang-orang mau ngedemo kita via SMS ke contact person, Minanti dengan kemampuan ngelesnya selalu bisa memadamkan api. Thumbs up!

Nanien. ‘Nanien jadi seksi yang teknis2 ya?’ Itu request pertama gw ke Nanien buat nanganin proyek ini. Nanien setuju. She’s the best. Enough said. Tapiii.. tetep ga bisa memaafkan Nanien yang curi2 kesempatan nonton Dorama saat break workshop!! Pencitraan, Nien!! huhuhuhuhuhu

Anggie. Anggie ini potensial, dari segala sisi. Anggie punya video feature tentang bola yang gw jadiin contoh video feature lomba Yournalism. Gw ga akan pernah ngelupain perjuangan Anggie nge-upload tu video ke YouTube. J Anggie baik hati juga bersedia jadi host seminar jurnal and she did great! Tanpa disuruh Anggie tampil cantik pas Hari-H, lengkap dengan dress dan make-up nya. Setelah gw pikir2 itu sih kesadaranlah yaa.. gw aja ketua yang ga punya kesadaran buat ngingetin.. T_T

Kalista. Seperti halnya Nyanya, Kalista juga milik sentral. Gw gabisa macem2 deh (emang mau diapain??) ahaha. Kalista suka gw gangguin malem2 buat bikin template apalah, atau kirim gambar apalah, terus langsung dikirimin. Kalista juga orang yang memberi inspirasi gw untuk bikin maskot jurnal, Will Dupress. Hahaha. proses brainstorming-nya Will Dupress waktu itu gw sama Kalista YM-an. Hasilnya? Oke-lah~ emang ada kata lain yang bisa mendeskripsikan buah pemikiran kita itu? Hihihi. *sombong*

Bukan maksud melupakan anak jurnal yang lain, tapi sejauh ini mereka2 yang gw sebutkan di atas-lah memiliki porsi peran lebih besar dalam kesuksesan acara jurnal. Tapi secara keseluruhan gw BANGGA BANGET sama #JURNAL07. Kehadiran 80% anak jurnal di hari H membuktikan chemistry anak jurnal jauh lebih kuat daripada chemistry anak2 prodi kom lain. Semuanya kompak, saling membantu, bela2in dateng pagi buat siap2, semuanya pake jakun, semuanya kerja, semuanya in the good mood, daaaaan... most importantly semuanya bertahan setia stay di kampus sampe acara benar2 selesai total. Hamdallah. Thanks God for giving me such great friends.

Laporan terakhir: Pengunjung seminar jurnal mencapai angka 187, 37 orang lebih banyak dari target 150. Kelas workshop juga penuh untuk 30 orang. Yournalism juga boleh bangga karena jadi satu2nya acara di Pekom yang PUNYA DUIT SENDIRI. Hohoho. Well, not much, but at least bisa membuat acara jurnal setahap lebih oke dari acara2 pekom lain. What can i say, i have a kicking ass supporting system named #JURNAL07.

Terima kasih jurnalista. Sekarang silahkan melanjutkan skripsi/TKA-nya dengan damai.

I U ALL!

1 comment:

  1. ralat ah, gw cuma curi2 nonton D no Arashi where Nino n Riida wears pink costume and dancing like a bitch. WORSE! haahha. yang penting LO juga ikut terhibur xD

    ReplyDelete